Sabtu, 27 April 2024

Antisipasi Corona, Pelindo III Bersih-bersih Terminal Penumpang

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Pelindo III bersih-bersih terminal penumpang sebagai antisipasi penyebaran virus corona, Jumat (13/3/2020). Foto: Humas Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar kegiatan bersih-bersih massal di terminal penumpang, Jumat (13/3/2020) pagi. Kegiatan yang diikuti seluruh jajaran pegawai beserta unsur kemaritiman yang tersebar di berbagai regional itu, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19).

Dengan menggunakan peralatan lengkap seperti masker, sarung tangan dan disinfektan, para petugas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI-POLRI dan pegawai Pelindo III menyisir sejumlah lokasi terminal penumpang.

Salah satunya Gapura Surya Nusantara yang memiliki resiko penularan virus. Toto Heliyanto Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III mengatakan, gerakan ini serempak dilakukan di teminal penumpang di masing- masing pelabuhan sampai seluruh kantor operasional Pelindo III di empat regional. Di antaranya, Jatim, Jateng, Kalimantan dan Bali-Nusra.

“Gerakan bersih bersih serempak ini merupakan upaya dari Pelindo III dalam menekan resiko penularan virus corona, yang belakangan ini mulai meningkat di Indonesia. Terlebih Pelindo III sebagai operator pelabuhan merupakan salah satu pintu keluar dan masuk penumpang dari berbagai daerah. Harapannya langkah ini setidaknya bisa menekan penyebaran virus tersebut,” kata Toto.

“Tak hanya itu kami juga telah berkoordinasi terus dengan rekan- rekan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memiliki wewenang tanggung jawab kesehatan untuk menyiagakan alat pendeteksi suhu badan atau thermal scanner di masing masing terminal penumpang,” tambahnya.

Sementara itu AKBP Ganis Setyaningrum Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak yang juga turut serta melakukan kegiatan bersih-bersih di terminal penumpang mengatakan, pihaknya menyambut positif kegiatan tersebut. Pihak Polres Tanjung Perak akan mendukung penuh kegiatan ini dengan menugaskan anggotanya untuk turut serta mengantisipasi penyebaran virus corona di sejumlah area vital.

“Kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak merasa senang bisa turut berkontribusi dalam kegiatan bersih-bersih kali ini terutama yang digelar di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan wilayah kerja kami juga. Nantinya kami rutin akan mendukung aktivitas ini dengan menugaskan anggota kami untuk rutin ikut kegiatan tersebut, karena kita sadar upaya menekan wabah virus corona ini harus dilakukan bersama-sama,” kata Ganis.

Gapura Surya Nusantara sendiri merupakan salah satu terminal penumpang kapal laut modern yang dilengkapi dengan 2 unit garbarata, dan Pelindo III sendiri telah melayani 3,6 juta penumpang ditahun 2019. Saat ini, pihak Pelindo III juga melakukan langkah preventif lainya seperti pemeriksaan suhu tubuh pada seluruh pegawai sebelum melakukan aktivitas.

Selain itu, juga menyiagakan petugas kesehatan untuk memberikan penanganan pertama sesuai SOP yang berlaku jika ditemukan suspect virus corona. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs