Jumat, 26 April 2024

Antisipasi Musim Hujan, DKRTH Surabaya Mulai Lakukan Perantingan dan Pembersihan Saluran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Menjelang musim hujan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya mengeruk aliran air di sekitaran Pasar Pakis. Pengerjaan yang masih berlangsung pada Kamis (15/10) ini diperkirakan hingga beberapa hari kedepan. Foto: Anton suarasurabaya.net

Musim hujan yang diprakirakan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Juanda yang akan bermula pada awal November 2020, diantisipasi oleh Dinas Kebersihan Dan Ruang Terbuka Hijau ( DKRTH) Surabaya dengan melakukan perantingan pohon dan pembersihan saluran air di beberapa ruas jalan di Surabaya.

Ana, Plt Kepala DKRTH Surabaya saat dihubungi Radio Suara Surabaya, Kamis (15/10/2020) mengatakan, semua rayon di Surabaya bergerak untuk melakukan perantingan, sesuai dengan lokasinya masing-masing.

“Kita nyisir semua wilayah di Surabaya, semua rayon taman bergerak melakukan perantingan. Tiap-tiap rayon melakukan perantingan untuk pohon-pohon yang dirasa tinggi sekali, atau ada yang miring untuk antisipasi memasuki musim hujan,” ujarnya.

Selain perantingan, antisipasi lain yang dilakukan adalah membersihkan saluran air.

“Kalau pembersihan, termasuk saluran bersama Satgas Pekerjaan Umum (PU), kemudian teman-teman yang menyapu di jalan, kita membersihkan tangkapan air maupun pelaluan air. Kotoran yang masuk-masuk ke arah saluran kita ambilin,” kata Ana.

“Biasanya kan ada pasir, kotoran, itu kita ambili semua. Sehingga kalau pengguna jalan lewat, biasanya ada gelangsing, itu isinya pasir. Nah itu yang menyumbati saluran,” lanjutnya.

Ana berharap agar masyarakat bisa membantu mengantisipasi banjir yang biasanya datang bersamaan di musim hujan dengan cara ikut menjaga kebersihan.

“Mohon bantuannya agar masyarakat tidak membuang sampah di saluran. Mohon kesadaran semua menghadapi musim hujan agar tidak ada banjir, semuanya selamat,” pesannya. (dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs