Selasa, 28 September 2021

ASDP Ketapang Imbau Penumpang ke Bali Siapkan Surat Rapid Test Antigen

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Penyeberangan Jawa-Bali (Ketapang-Gilimanuk). Foto: Iping suarasurabaya.net

Fahmi Alweni General Manager ASDP Ketapang mengimbau, agar seluruh penumpang penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk Bali, untuk menyiapkan surat hasil rapid test antigen yang menyatakan negatif Covid-19.

Hal itu sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 tertulis Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN), yang akan memasuki wilayah Bali, wajib memiliki surat hasil swab PCR (untuk transportasi udara) dan swab antigen (untuk transportasi darat dan laut).

“Namun untuk pemeriksaan surat tersebut tidak dilakukan di Pelabuhan Ketapang, semuanya terpusat di Gilimanuk. Untuk itu diharapkan sebelum melakukan perjalanan ke Bali, alangkah baiknya melakukan pemeriksaan dulu (rapid test antigen, red) di tempat asalnya,” kata Fahmi kepada Radio Suara Surabaya, Senin (21/12/2020).

Fahmi mengungkapkan, pihaknya tidak menyediakan pemeriksaan rapid test antigen di lingkungan Pelabuhan Ketapang, karena dikhawatirkan akan terjadi penumpukan dan kemacetan lalu lintas di area pelabuhan.

“Kalau pun ada pemakai jasa yang terlanjur dalam perjalanan, di dekat-dekat pelabuhan termasuk Pelabuhan Ketapang itu ada tempat rapid test antigen berbayar. Misalnya, di klinik angkatan laut, dan beberapa rumah sakit terdekat. Saya tidak monitor berapa biayanya,” kata dia.

“Kalau ada penumpang yang melakukan rapid test di Pelabuhan Gilimanuk dan ternyata reaktif, maka dia akan dikembalikan ke Ketapang, diantar dan dikawal oleh KKP. Kemudian diberikan rekomendasi untuk dibawa ke puskesmas daerahnya,” tambahnya.

Surat edaran Pemprov Bali yang sebelumnya berlaku dari tanggal 18 Desember-4 Januari itu, kata dia, kini diperpanjang sampai 8 Januari 2021. Surat hasil rapid test antigen juga akan diperiksa di Pelabuhan Gilimanuk, ketika penumpang akan kembali ke Pelabuhan Ketapang.

Fahmi menambahkan, pihaknya selalu memberikan imbauan kepada para penumpang yang hendak menyeberang ke Bali untuk tidak lupa membawa hasil rapid test antigen, dan selalu disiplin protokol kesehatan.

“Kami merasa bertanggung jawab dan mengawal agar pandemi ini segera berakhir,” ungkapnya. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
34o
Kurs