Jumat, 22 Januari 2021

Belajar dari Filosofi Jambu, CANS Surabaya Tanam 100 Pohon

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Community Arek Ninja Surabaya (CANS) dalam kegiatan penanaman pohon jambu. Foto: CANS

Community Arek Ninja Surabaya (CANS) menanam sebanyak 100 bibit pohon jambu di Desa Trawas Mojokerto dan Kampung Bulak Cumpat Kenjeran Surabaya. Pohon jambu sengaja dipilih oleh para anak motor ini karena memiliki filosofi yang mendalam.

Wahyu Karisma Ramadhan Sekretaris CANS Surabaya mengatakan pohon jambu saat belum berbuah maka daunnya bisa dimanfaatkan untuk obat. Buahnya juga bisa dikonsumsi karena kaya vitamin. Alasan itulah yang membuat komunitas yang dibentuk pada 11-11-2011 ini memilih pohon jambu untuk ditanam pada pekan lalu.

“Kami mengibaratkan pohon jambu ini seperti apotek hidup untuk masyarakat. Kelak pohon dan buah ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” kata Wahyu dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (27/11/2020).

Community Arek Ninja Surabaya (CANS) yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya di sela kegiatan penanaman pohon jambu. Foto: CANS

Penanaman 100 pohon jambu di dua tempat ini dalam rangka anniversary klub motor CANS yang ke-9. Perayaan ulang tahun klub ini selain sebagai ajang silaturahmi dan membahas agenda setahun ke depan juga dijadikan sebagai gerakan cinta lingkungan oleh anak motor Bold Riders Surabaya. CANS ini merupakan bagian juga dari Bold Riders Surabaya.

“Komunitas kami juga ingin lebih dekat lagi dengan masyarakat, makanya kami tanam 100 pohon jambu ini di dua desa tersebut. Mudah-mudahan kami bisa lebih kompak dan memberi lebih banyak manfaat ke depannya,” imbuh Wahyu.

Ini adalah kegiatan pertama yang melibatkan seluruh anggota yang hingga bulan November ini berjumlah 30 member. Pandemi Covid-19 sebelumnya membuat komunitas tidak melaksanakan kegiatan di luar rumah.

Untuk kegiatan Hari Jadi klub ini pihaknya menggelar dengan jumlah anggota terbatas dan tetap melaksanakan protokol standar pencegahan penularan virus corona ini. Masker hingga tempat cuci tangan juga disediakan di lokasi acara.

Reinanda Yusman Koordinator Bold Riders Surabaya mengatakan anggota komunitas motor selama ini banyak melaksanakan kegiatan seperti aksi sosial dan juga menggelar gerakan cinta lingkungan seperti yang dilakukan CANS.

Bimanda Yuswandono Pengurus Bold Riders Surabaya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anak-anak motor CANS.

“Kegiatan positif komunitas motor ini juga bisa dilakukan komunitas lainnya. Sehingga  komunitas motor juga berperan besar dalam menjaga alam dan lingkungannya,” kata Bimanda. (ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Trailler vs Pick Up di Tol

Tambak Mayor Macet

Truk Naik Pembatas Jalan

Truk Mogok di Manyar Gresik

Surabaya
Jumat, 22 Januari 2021
29o
Kurs