Sabtu, 18 Mei 2024

Berinovasi, Solusi Menjawab Tantangan di Tengah Pandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dr Avanti Fontana, Dosen dan fasilitator strategi dan manajemen inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memberika pemaparan dalam dialog produktif bertema Berinovasi dan Optimis Meningkatkan Usaha di Masa Pendemi di Jakarta, Jumat 6 November 2020. Foto: covid19.go.id

Inovasi adalah salah satu instrumen yang diperlukan untuk merespon perubahan dan situasi yang tidak pasti di tengah pandemi. Pasalnya, inovasi tidak hanya akan berdampak merubah kondisi lebih baik dari sebelumnya, tapi juga diharapkan mampu membawa perbedaan yang signifikan dalam nilai manfaat, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

Dr Avanti Fontana, Dosen dan Fasilitator Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menjelaskan, “Produk-produk solutif yang dihasilkan wirausahawan bukanlah sesuatu yang dihasilkan tiba-tiba, tapi dilakukan secara sistematis, dan memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah. Kalau bicara pandemi, tentu tujuannya bagaimana mengatasi pandemi dan tujuan yang lebih besar adalah menggapai kesejahteraan baik dalam jangka dekat maupun jangka panjang.”

Avanti mengatakan, hal-hal yang perlu direspon saat pandemi Covid-19 ini adalah inovasi yang dapat membantu Indonesia keluar dari kondisi ketidakpastian. Untuk hal ini perlu sensitivitas yang tinggi dalam menemukan peluang yang tepat.

Adapun perihal dampaknya, inovasi yang berhasil tidak hanya berdampak ekonomi namun juga berdampak sosial yang luas. Seperti halnya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah bentuk inovasi di bidang publik, untuk membangkitkan ekonomi nasional.

“Para inovator harus kritis dan peduli serta mau melakukan analisis kondisi. Terapkan empati kepedulian sosial dari hulu sampai hilir. Lalu turunkan dalam analisis kekuatan dan kelemahannya kemudian peluang dan tantangannya. Dari situ kemudian bisa digali apa masalah yang bisa disolusikan dan ditawarkan ke masyarakat. Negara juga memiliki peran dalam menjaga ekosistem ini tetap kondusif,” tutup Avianti, dalam acara “Berinovasi dan Optimis Meningkatkan Usaha di Masa Pandemi”, Jumat (06/11/2022), mengutip situs covid19.go.id. (dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs