Selasa, 23 April 2024

Besarnya Api Yang Cepat Menyebar di Kebakaran Kejagung Perlu Diinvestigasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Foto udara gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, Ahad (23/8/2020). Foto: Antara

Aboe Bakar Al Habsyi anggota Komisi III DPR RI mengaku prihatin dengan kebakaran yang terjadi di Kejaksaan Agung. Kata dia, meskipun terbakar hebat, tapi berdasarkan informasi kalau dokumen maupun tahanan masih dalam keadaan aman.

“Mendengar informasi kebakaran di gedung Kejaksaan Agung tentu kita sangat prihatin. Info yang kita dapat tahanan aman, demikian juga untuk dokumen. Karena lokasi kebakaran adalah bagian SDM,” ujar Aboe dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/8/2020).

Melihat besarnya api dan cepatnya api menyebar, menurut Aboe, menjadi pertanyaan bagi banyak pihak. Hal ini tentunya perlu diberikan penjelasan yang baik oleh kejaksaan.

“Apa yang menyebabkan kebakaran dan kenapa bisa langsung besar seperti itu,” jelasnya.

Kata dia, penjelasan ini penting diberikan oleh Kejaksaan Agung, jangan sampai orang akhirnya berspekulasi. Hal ini tidak baik karena akan menimbulkan rumor atau prasangka di tengah masyarakat. Situasi ini biaa muncul karena Kejaksaan sedang banyak menanganinperkara yang mendapatkan atensi publik, seperti kasus Djoko Tjandra dan Jiwasraya.

Aboe menegaskan, Kejaksaan perlu juga melakukan investigasi mendalam, untuk mengetahui penyebab kebakaran.

“Apa memang saat itu tidak ada petugas piket yang bisa memadamkan api dan mencegar membesarnya api. Atau memang gedunh kejaksaan Agung tidak memiliki alat pemadam kebakaran, sehingga api tidak tertangani,” kata Aboe.

Dia mengatakan, hasil investigasi ini sangat diperlukan untuk mencegak spekulasi dan menjaga kepercayaan publik terhadap kejaksaan agung.(faz/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs