Kamis, 29 Oktober 2020

Kejaksaan Agung Memastikan Berkas Perkara Aman dari Musibah Kebakaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Api membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). Kebakaran tersebut masih dalam penanganan pihak pemadam kebakaran. Foto : Antara

Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api di Gedung Kejaksaan Agung RI, Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) malam.

Sugeng Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan Jakarta Selatan mengatakan, pihaknya mendapat laporan kebakaran sekitar pukul 19.10 WIB.

Sampai sekarang, ada 27 unit mobil pemadam kebakaran dan sekitar 120 personel yang turun ke lokasi kebakaran.

Selain itu, Palang Merah Indonesia (PMI) juga mengerahkan petugas dan mobil ambulans ke lokasi musibah untuk membantu personel pemadam kebakaran yang butuh pertolongan medis.

Agung Hari Setiyono Kepala Pusat Penarangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan menyebut, api membakar Lantai 4, 5 dan 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Api diduga berasal dari Lantai 6, kemudian menjalar ke sejumlah lantai.

Dia menyatakan, arsip-arsip penyelidikan mau pun penyidikan, alat bukti dan tahanan yang ada di Gedung Kejaksaan Agung aman dari kebakaran.

“Dokumen dipastikan aman, dan kami punya backup data. Mudah-mudahan api cepat padam,” ujarnya.

Menurutnya, yang terbakar adalah ruang kepegawaian dan biro umum, berbeda gedung dengan tempat penyimpanan dokumen perkara.

“Gedung Lantai 6 itu kepegawaian, Lantai 5 Pembinaan Kepegawaian, lalu Lantai 3 dan 4 Intelijen,” ungkapnya.

Tapi, Agung belum bisa memastikan penyebab kebakaran kantornya dan ada tidaknya korban jiwa. Dia dan jajarannya akan menunggu hasil penyelidikan pihak yang berwenang.(rid/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
28o
Kurs