Senin, 6 Mei 2024

Biaya Rata-rata Perawatan Seorang Pasien Covid-19 Rp184 Juta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Corona Ilustrasi, Corona Virus. Grafis: suarasurabaya.net

Profesor Hasbullah Thabrany Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengungkapkan, biaya perawatan per pasien Covid-19 mencapai ratusan juta rupiah.

Biaya perawatan juga bisa bertambah tergantung banyaknya penyakit penyerta yang dimiliki seorang pasien Covid-19.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukannya di sembilan provinsi, biaya tertinggi untuk penanganan seorang pasien Covid-19 mencapai Rp446 juta.

Sedangkan biaya rata-rata per orang sebanyak Rp184 juta untuk masa perawatan 16 hari.

“Dari kajian yang saya survei di sembilan provinsi, yang tertinggi biaya Covid-19 Rp446 juta. Rata-rata Rp184 juta, dan rata-rata masa perawatannya selama 16 hari,” ujarnya di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Biaya itu, menurut Hasbullah, belum termasuk kehilangan pendapatan si pasien karena tidak bisa bekerja, dan beban psikologis.

Dari hasil studi yang dilakukan, Hasbullah bilang banyak masyarakat belum paham biaya perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit ditanggung APBN.

Untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, negara harus mengeluarkan dana APBN lebih dari Rp800 triliun.

Biaya yang keluar dari kas negara, kata Hasbullah, bisa ditekan kalau masyarakat disiplin menerapkan gerakan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kalau kita disiplin, kalau kasusnya sedikit, uang negara yang habis kan sedikit. Karena uang negara itu kan uang kita semua,” pungkasnya. (rid/ang)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs