Sabtu, 20 April 2024

BKKBN: Peran Remaja Sangat Signifikan Melawan Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Namanya juga remaja, saat menunggu penilaian juri pada Surabaya Young Scientists Competition 2017, menyempatkan diri berswafoto didepan karyanya.
(Foto: Totok suarasurabaya.net)

Dr (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) Kepala BKKBN berharap kepedulian remaja harus terus ditingkatkan untuk perubahan perilaku 3M. Untuk itu, peran komunitas remaja sangat signifikan dalam pencegahan dan penanganan pandemi virus Covid-19.

“Sekarang waktunya bersatu padu melawan corona, jangan ada lagi perdebatan yang tidak perlu, sekarang waktunya bertindak nyata, bahu membahu, tolong menolong, dan bergotong royong menghadapi covid-19,” ungkap Hasto, dalam berita pers yang dilansir dari situs resmi BKKBN, Minggu (11/10/2020).

Sementara itu, Dr. Sonny Harry B.Harmadi Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, berpesan untuk tidak mengucilkan mereka yang telah positif covid-19 dan harus ikut membantu mengingatkan saudara-saudara, ayah dan ibu. Jika keluarga sudah bisa diingatkan, lalu komunitas remaja bisa menggunakan hastag 3M untuk melakukan kampanye.

Keluarga saat ini menjadi fokus sasaran utama sosialisasi dengan maraknya klaster keluarga di berbagai daerah. Keluarga menjadi sentral utama dalam pelaksanaan kebijakan penanganan Covid-19. Kepatuhan anggota keluarga dalam melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sangat berperan besar dalam menekan dampak pandemi Covid-19.

Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc,Dip.Com Ketua Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku menambahkan bahwa hasil survei BPS yang dilakukan secara periodik menunjukan bahwa dari 90.967 responden sebesar 27% yang terkonfirmasi positif covid-19 terbanyak kedua adalah rentang usia 17-30 tahun. Sehingga peran komunitas remaja sangat penting dalam kegiatan ini untuk mencegah penyebarluasan covid-19.

Keluarga berperan penting melindungi, mensosialisasikan dan mengajarkan anggota keluarganya untuk selalu memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun (3M).

Oleh karena itu, remaja sebagai anggota keluarga turut memegang peranan penting dalam menghambat perkembangan covid-19. Remaja merupakan salah satu agen sosialisasi yang paling penting dalam mengajarkan teman sebayanya mengenai aturan-aturan yang diharapkan oleh masyarakat.

Kemampuan remaja mengedukasi remaja sebayanya secara terus menerus, merupakan kekuatan sosial yang tidak dapat ditemukan pada lembaga lainnya. (dfn)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs