Minggu, 9 Agustus 2020

Kabar 3 Hari Kedepan Arus Angin dari Utara Ke Selatan Bawa Wabah Adalah Hoaks

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Hoax. Grafis: Didik suarasurabaya.net

Beberapa waktu yang lalu, beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit. Menanggapi isu tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofsika (BMKG) membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar (hoax).

“Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulis BMKG berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (10/4/2020).

BMKG juga menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia).

Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur ke selatan (dari Benua Australia).

Untuk itu, masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati jika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya. Terlebih di tengah wabah pandemi Covid-19 ini, banyak kabar yang menimbulkan kepanikan berlebihan.(tin)

 

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Surabaya
Minggu, 9 Agustus 2020
26o
Kurs