Sabtu, 20 April 2024

BMKG Juanda Imbau Masyarakat Waspadai Angin Kencang Seminggu ke Depan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kondisi angin di wilayah Indonesia, Kamis (27/8/2020). Foto: BMKG Juanda

BMKG Juanda Surabaya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai angin kencang dengan kecepatan rata-rata mencapai 40km/jam, dari kecepatan normal 20-30km/jam, yang diprakirakan akan terjadi selama seminggu ke depan.

Oky Sukma Hakim, Prakirawan BMKG Juanda saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (27/8/2020), mengatakan, angin kencang terjadi karena ada dua interaksi fenomena alam yang melewati Indonesia.

“Ada dua interaksi fenomena yaitu perbedaan tekanan udara di Australia 1.030 mb dengan Siklon Tropis BAVI 950 mb di perairan timur laut China. Karena angin bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, perjalanan angin dari Australia ke China melewati Jawa Timur menyebabkan angin kencang,” kata Oky.

“Semakin berbeda tekanan udara dari tempat bergerak menuju tujuannya, maka akan semakin kencang angin yang dihasilkan,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat berada di jalan raya dan mewaspadai ranting pohon serta papan reklame. Terlebih di bulan Agustus banyak masyarakat yang memasang Bendera Merah Putih, sehingga tiang bendera juga harus dipastikan kokoh.

“Kami mengimbau jika ada pohon atau papan reklame bendera agar dipastikan kokoh tumpuannya dalam menghadapi fenomena ini,” pungkasnya. (dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs