Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, Sabtu (22/8/2020).

Dihimpun dari informasi BMKG dikutip Antara, hujan lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga memprakirakan hujan badai terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah.

Potensi angin kencang, menurut BMKG, terjadi di Aceh, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Selatan. Sementara potensi kebakaran hutan terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

BMKG memberikan peringatan adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah area perairan di Nusantara. Antara lain di Aceh, Bengkulu, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat agar memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran. BMKG berharap masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.(ant/den)