Minggu, 22 Mei 2022

BMKG Juanda: Sebagian Wilayah di Jatim Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi sebagian wilayah di Jawa Timur hari ini, Sabtu (14/11/2020), berpotensi hujan disertai angin kencang dan petir. Oki Sukma Hakim Prakirawan BMKG Juanda mengatakan, hujan diprakirakan terjadi mulai siang hingga sore hari.

Berdasarkan data BMKG Juanda, kata dia, beberapa wilayah yang diprakirakan hujan disertai angin kencang dan petir, di antaranya Ngawi, Magetan, Ponorogo, Blitar, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

“Sedangkan untuk malam hari, diprakirakan terjadi di Malang,” kata Oki kepada suarasurabaya.net.

Oki mengatakan, pada awal musim hujan, angin kencang memang kerap terjadi. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati. Karena sebagian wilayah di Jatim sudah memasuki musim hujan, dengan intensitas ringan sampai sedang.

“Kalau Surabaya sekarang masih masa peralihan atau pancaroba. Diprakirakan masuk musim hujan pada akhir November,” ungkapnya.

Untuk wilayah Jatim yang sudah memasuki musim hujan di antaranya, Jombang, Magetan, Ngawi, Tuban, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Batu, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, dan Probolinggo.

“Awal-awal musim hujan itu berpotensi terjadi angin kencang. Mungkin beberapa hal yang perlu dipersiapkan masyarakat saat memasuki musim hujan ini, yaitu bisa merenovasi rumahnya terutama atap-atapnya. Kemudian pohon-pohon yang memiliki usia rapuh itu dirapikan, lalu sekarang kan musim Pilkada hati-hati juga saat masang baliho. Usahakan jangan sampai membahayakan penggguna jalan,” jelasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
27o
Kurs