Rabu, 30 September 2020

BMKG Surabaya Prakirakan Potensi Turun Hujan Lokal Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Grafis: Lukito suarasurabaya.net

Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprakirakan potensi hujan lokal akan terjadi di sebagian besar wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya pada Rabu (12/8/2020) hari ini.

Teguh Tri Susanto, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya mengatakan, ada potensi hujan turun di Surabaya hari ini. “Merunut dari tanggal 10-11 Agustus kemarin, sampai tanggal 12-13 ini ada potensi hujan lokal di wilayah Surabaya,” kata Teguh saat dihubungi suarasurabaya.net, Rabu pagi.

Terkait hujan yang mengguyur Surabaya Selasa (11/8/2020) mulai malam hingga dini hari, Teguh mengatakan ini adalah hal yang wajar.

“Menghadapi musim kemarau seperti ini, lalu ada hujan sehari itu wajar. Atau kalau musim hujan, ada panas sehari itu wajar. Kondisi alam,” imbuhnya.

Banjir di kawasan Wonokromo, Surabaya pada Selasa (12/8/2020) malam. Foto: Erik via WA Suara Surabaya

Lebih lengkap, Teguh menjelaskan hujan cukup merata yang terjadi di wilayah Jawa Timur pada Selasa malam disebabkan beberapa faktor di antaranya ada indikasi gangguan Gelombang Rossby di Laut Jawa dari 850 mb sampai 200 mb sehingga menyebabkan atmosfer cukup lembab, yang menyebabkan potensi terjadi hujan bertambah besar.

Selain itu anomali suhu muka laut 10 Agustus 2020 di perairan Jatim masih cenderung lebih hangat dari biasanya, sehingga uap air di atmosfer juga bertambah dan mendukung untuk pertumbuhan awan hujan. Diperkirakan kondisi ini akan berlangsung sampai tanggal 12-13 Agustus 2020.

Masyarakat dihimbau tidak panik menghadapi hujan satu dua hari ini karena terkait dengan cuaca saja. Teguh mengingatkan agar masyarakat menyiapkan kondisi tubuh di musim kemarau.

“Saat ini gak perlu panik menghadapi hujan satu dua hari karena terkait dengan cuaca saja. Yang lebih diantisipasi di musim kemarau ini terkait asupan air ke dalam tubuh yang kurang, potensi kebakaran hutan dan lahan, infeksi pernapasan. Apalagi musim pandemi gini terkait perbedaan suhu,” ujarnya. (dfn/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Rabu, 30 September 2020
32o
Kurs