Sabtu, 29 Januari 2022

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Gana Suara Surabaya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini, Senin (30/11/2020), meski secara umum diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Dilansir Antara, berdasarkan data model numerik keluaran cuaca BMKG di Jakarta, cuaca di sebagian Maluku, Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat berpotensi akan mengalami hujan sedang hingga lebat.

Namun, wilayah Maluku dan Papua secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Kemudian, sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diperkirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat, meski sebagian lainnya dan Bali secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Sumatera secara umum juga diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian Aceh bagian selatan, Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi hujan sedang.

Selanjutnya, BMKG juga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Jawa Barat bagian timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Meski demikian, Pulau Jawa secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Kalimantan juga secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi hujan sedang.

Sementara itu, hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan (Sulsel), meski wilayah Sulawesi secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya diprediksi akan mengalami hujan lebat untuk berhati-hati saat akan menjalankan aktivitas di luar rumah pada hari ini. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk TNI Muat Tank Terguling di Tol Perak-Waru KM 9.700

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
27o
Kurs