Xi Jinping Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyatakan dukungan penuh kepada Pemerintah Indonesia yang tengah berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

Hal itu terungkap dalam perbincangan Xi Jinping dengan Joko Widodo Presiden lewat telepon, Kamis (2/4/2020) sore, khusus membahas soal penanganan wabah penyakit tersebut.

“Penyebaran Covid-19 tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu, kita harus terus bekerja sama menangani penyebarannya, dan saya sangat tidak setuju terhadap munculnya stigmatisasi. Upaya stigmatisasi ini sangat tidak bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini,” kata Presiden Joko Widodo melalui pesan elektronik yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (3/4/2020).

Dalam perbincangan itu, Xi Jinping, lanjut Jokowi menyampaikan rasa prihatin atas wabah Covid-19 yang juga melanda Indonesia.

Presiden RRT lalu berbagi pengalaman melawan Covid-19. Xi Jinping pun menyatakan siap menjadi pihak yang mendukung upaya Indonesia melawan wabah Covid-19.

“Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19,” tutur Presiden Xi Jinping, kata Jokowi.

Sebagai negara yang pertama kali terimbas wabah Covid-19, Tiongkok telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Lebih lanjut, Presiden Xi Jinping menyampaikan kalau Tiongkok siap lakukan kerja sama dengan berbagai negara.

“Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerjasama. Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi Covid-19,” kata Xi Jinping.

Mendengar simpati dan pernyataan dukungan Presiden RRT, Jokowi membalas dengan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih sudah mau berbagi pengalaman (memerangi Covid-19),” ucap Jokowi.(rid/TIN)