Jumat, 22 Oktober 2021

Di Indonesia, Perempuan Lebih Disiplin Menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi.

Badan Pusat Statistik (BPS), hari ini, Senin (28/9/2020), merilis hasil survei tentang perilaku masyarakat di masa pandemi Covid-19, bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Dari hasil survei terhadap 90.967 orang responden yang berlangsung selama sepekan (7-14 September 2020), diketahui berbagai respon masyarakat.

Salah satunya, tingkat kepatuhan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Suhariyanto Kepala BPS mengatakan, tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 sudah baik.

Sekitar 91 persen responden sudah patuh memakai masker, 77 persen memakai hand sanitizer, 75 persen responden biasa mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun.

Kemudian, 81 persen responden menghindari berjabat tangan dengan orang lain, 76 persen responden berupaya menghindari kerumunan, dan 73 persen responden disiplin menjaga jarak fisik minimal satu meter.

“Dari sisi jenis kelamin responden, perempuan jauh lebih patuh dalam menerapkan protokol kesehatan dibandingkan responden laki-laki,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Sekadar diketahui, sebanyak 55 persen responden survei wawancara secara daring itu adalah perempuan, dan 45 persen laki-laki. Lalu, 69 persen responden berusia kurang dari 45 tahun dan 61 persen responden berpendidikan minimal strata satu (sarjana) ke atas.

Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 menggunakan rancangan Non- Probability Sampling yang merupakan kombinasi dari Convenience, Voluntary dan Snowball Sampling untuk mendapatkan respon partisipasi sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu satu minggu pelaksanaan survei.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Jumat, 22 Oktober 2021
33o
Kurs