Kamis, 18 April 2024

Di Korea Selatan, 91 Pasien Sembuh Kembali Positif Covid-19 Saat Dites

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Virus corona (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Otoritas kesehatan Korea Selatan mengumumkan pada Jumat bahwa 91 pasien yang semula dinyatakan sembuh dari Covid-19, ternyata setelah dites kembali, mereka lagi mendapat hasil positif terjangkit virus yang sama.

Jeong Eun-kyeong Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC), menyatakan bahwa virus corona mungkin “aktif kembali”, dan bukan karena pasien tertular untuk kedua kalinya.

Namun, pihak otoritas kesehatan juga belum dapat memastikan apa yang sesungguhnya terjadi pada kecenderungan tersebut, selagi penyelidikan epidemiologis masih berjalan.

Menurut pakar kesehatan, hasil tes yang keliru juga bisa menjadi penyebab, atau sisa-sisa infeksi virus masih berada dalam sistem tubuh pasien namun tidak dapat menjangkiti orang lain.

“Ada interpretasi yang berbeda-beda serta banyak variabel. Pemerintah perlu bersiaga untuk merespon setiap variabel tersebut,” ujar profesor kedokteran paru di Rumah Sakit Sacred Heart Universitas Hallym, seperti dikutip Antara dari Reuters.

Kemungkinan terpapar kembali virus corona tengah menjadi pusat perhatian dunia internasional saat ini, seiring dengan banyak negara yang berharap bahwa masyarakat mereka yang terinfeksi akan mempunyai imunitas yang cukup untuk mencegah kemunculan gelombang lain Covid-19.

Sejauh ini, dari 10.450 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Korea Selatan, hampir 7.000 pasien dilaporkan sembuh.

“Angka yang kembali terjangkit akan naik, 91 orang hanya permulaan pada saat ini,” kata Kim Woo-joo profesor bidang penyakit infeksi di Rumah Sakit Guro Universitas Korea.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs