Sabtu, 28 Mei 2022

Dian Ediana Ucapkan Sumpah Jabatan Kepala PPATK di Istana Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dian Ediana Rae Kepala PPATK memberikan keterangan usai mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Foto : Istimewa

Dian Ediana Rae, pagi hari ini, Rabu (6/5/2020), mengucapkan sumpah jabatan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), untuk sisa masa jabatan 2016-2021.

Pengucapan sumpah jabatan itu berlangsung di Istana Negara, Jakarta, disaksikan Joko Widodo Presiden.

Penugasan Dian Ediana sebagai nahkoda baru PPATK, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2020 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala PPATK.

Karena masih dalam suasana tanggap darurat wabah Covid-19, upacara pengucapan sumpah jabatan dilaksanakan dengan singkat, dan cuma dihadiri sekitar 15 orang pejabat dari unsur eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Presiden, menteri, dan pimpinan lembaga negara yang hadir memakai masker, serta menjaga jarak sesuai prosedur jaga jarak sosial dan fisik.

“Saya bersumpah bahwa saya akan merahasiakan kepada siapa pun hal-hal yang menurut perundang-undangan wajib dirahasiakan. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewenangan Kepala PPATK dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Dian Ediana.

Sesudah prosesi pengucapan sumpah jabatan Kepala PPATK, Jokowi Presiden, menteri dan para undangan bergantian memberikan ucapan selamat tanpa bersentuhan fisik, dari jarak sekitar dua meter.

Sekadar informasi, Dian Ediana sebelumnya menjabat Wakil Kepala PPATK. Dia menjadi Kepala PPATK menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang meninggal dunia pertengahan bulan Maret 2020.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
31o
Kurs