Rabu, 29 Juni 2022

Dinyatakan Positif Covid-19, Kondisi Tung Desem Waringin Membaik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tung Desem Waringin saat acara Economic Outlook 2017 di Suara Surabaya Center. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Tung Desem Waringin seorang motivator dan pakar marketing terkenal di Indonesia dinyatakan positif Covid-19. Meski saat ini ia sedang mendapatkan perawatan dan diisolasi di Siloam Hospitals Kelapa Dua, Jakarta, namun saat ini kondisinya semakin baik.

Tung menduga, awal terinfeksi virus saat ia berada di Surabaya pada 15 Maret lalu. Kemudian pada keesokan harinya, saat ia membaca berita bahwa Joko Widodo Presiden mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial (social distancing), ia langsung membatalkan semua kegiatannya.

Menurutnya, apa yang ia lakukan cukup menekan tingkat penyebaran virus. Karena saat keluarganya di tes Covid-19, semuanya negatif.

“Ini beruntung istri negatif, anak-anak negatif, pembantu, driver, semua negatif,” kata Tung kepada Radio Suara Surabaya, Senin (6/4/2020).

Lalu pada tanggal 18 Maret, ia mulai merasakan pusing dan menggigil. Gejala tersebut muncul di malam hari, namun kembali baik-baik saja pada siang hari.

Tung lalu mengecek suhu dengan thermometer, ternyata suhunya 37,8 derajat Celcius. Mulanya, ia menganggap santai hasil cek suhu tersebut.

“Waktu pakai suhu tubuh ketiak itu 37,8 derajat, jadi saya masih tenang. Setelah saya baca-baca, ternyata suhu tubuh dari alat thermometer ketiak dan thermal gun bisa selisih 0,5 hingga 1 derajat,” ujarnya.

Karena ia merasa kondisinya tak kunjung membaik, akhirnya pada pada 23 Maret, ia memeriksakan diri ke dokter. Di sana, ia langsung diminta untuk melakukan tes paru-paru. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter mengatakan bahwa Tung 95% terjangkit corona.

Setelah itu, ia menjalani tes swab corona. Tenyata, hasil tes swab baru keluar 30 Maret dan Tung dinyatakan positif corona. Akhirnya ia harus mendapat perawatan di rumah sakit terlebih kondisinya yang semakin memburuk.

Hari-hari pertama di rumah sakit bukanlah sesuatu yang mudah bagi Tung.

“Tanggal 1 April itu udah nggak bisa tidur, kalau malam menggigil sekali, badan sudah nggak enak, kadang saya juga merasakan sesak nafas,” katanya.

Ia kemudian merasa lebih baik sesudah minum minyak kelapa murni (virgin coconut oil) dan secara rutin meminum itu hingga hari ini. Ia juga mendapatkan obat secara rutin saat diisolasi.

Meski menjalani masa-masa isolasi, Tung menekankan pentingnya selalu merasa bahagia. Menurutnya, selalu merasa senang menjadi kuncinya untuk dapat berjuang hingga sembuh dari virus ini.

Tung mengingatkan, agar masyarakat rutin menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan langsung berganti pakaian serta mandi setelah keluar rumah. Ia juga meminta agar masyarakat tidak menggampangkan apapun gejala demam atau flu yang mereka alami.

“Yang belum terkena, jaga kebersihan. Semprot alkohol (disinfektan) kalau perlu, sepatu semuanya. Jangan leyeh-leyeh dulu kalau sampai rumah, langsung cuci baju dan tangan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui Tung Desem Waringin sebelumnya menjadi salah satu pembicara di hari ketiga Forum Inovasi IDEACLOUD 2020 di Voza Premium Office, Jalan HR Muhammad Surabaya pada  Minggu, 15 Maret 2020.

Forum Inovasi IDEACLOUD 2020 yang digelar selama 3 hari oleh Tancorp Abadi Nusantara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara. Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.(tin/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 29 Juni 2022
32o
Kurs