Jumat, 26 April 2024

Dokter Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Agar Pandemi Segera Berakhir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Pengunjung warung kopi di Surabaya dipaksa melakukan rapid test. Fot : Istimewa

dr. Santhy Sp.P, dokter spesialis paru di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang meminta masyarakat tetap di rumah saja dan mematuhi protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Dokter Santhy mengatakan, dirinya dan para tenaga medis lainnya dapat memahami kebosanan yang dirasakan banyak orang karena sudah lama di rumah saja. Namun, semua itu demi mencapai tujuan bersama yaitu pandemi segera berakhir dan semua dapat hidup normal seperti dulu.

“Kita sebenarnya juga berada di situasi yang sama, bosan. Tapi kita punya tujuan bersama supaya pandemi ini berakhir. Tetap di rumah, menerapkan pola hidup sehat, dan selalu menggunakan masker,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (3/5/2020).

Dia menjelaskan, sampai saat ini para tenaga medis masih terus berjibaku merawat pasien Covid-19. Risiko tenaga medis terpapar virus corona jenis baru ini juga semakin besar karena semakin banyaknya pasien Covid-19.

“Tenaga medis juga punya keterbatasan. Imunnya bisa turun karena kelelahan pasiennya tidak putus-putus. Di antara kami sudah ada yang positif dan harus dirumahkan. Kalau kami dirumahkan, siapa yang melayani pasien? Tolong masyarakat memahami,” kata dokter Santhy.

Karena itu dia mengaku merasa sedih kalau melihat kerumunan. “Waduh, ini calon-calon pasien. Pasien tidak selalu bergejala. Pasien positif tidak bergejala itu bahaya sekali. Mereka sumber penularan.”(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs