Rabu, 24 April 2024

DPR Berharap Indonesia Bisa Bantu Turki Pascagempa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Abdul Kharis Almasyhari Ketua Komisi I DPR RI. Foto: Dok/Faiz suarasurabaya.net

Abdul Kharis Almasyhari Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI mengucapkan bela sungkawa dan duka cita yang mendalam atas musibah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7 SR yang melanda lepas pantai Turki barat pada Jumat (30/10/2020), berdasarkan Survei Geologi AS.

“Kami sangat berduka dan turut berbelasungkawa atas musibah gempa dan tsunami yang menimpa Rakyat Turki. Kami ingat betul bagaimana Turki banyak membantu kita saat musibah gempa dan tsunami di Aceh, semoga Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan untuk semua Korban dan Semua Rakyat Turki,” ujar Kharis dalam keterangan tertulis kepada Media, Selasa (3/11/2020).

Dia meminta agar pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sebagai Mitra Komisi 1 DPR RI terus melakukan pengecekan terhadap WNI yang ada di Turki serta segera berkomunikasi dengan Pemerintah Turki terkait bantuan apa yang bisa Indonesia berikan.

“Tentu tidak mudah mencari informasi siapa saja korban asal Indonesia yang kena musibah ini, namun saya berdoa semoga tidak ada WNI yang menjadi korban dalam musibah ini,” harap Kharis.

Dikabarkan sejumlah media gempa juga terasa di Yunani termasuk ibu kota Athena.

“Saya berharap Kemenlu segera membuat saluran emergency dan komunikasi darurat di Turki dan Yunani untuk memantau WNI kita yang ada di kedua negara sehingga lewat satu pintu kita semua bisa memantau setiap perkembangan dan penangannya. Semoga kita juga bisa membantu negara sahabat kita ini mengingat besar dan luasnya dampak dari musibah,” pungkas Kharis.

Sementara KBRI Ankara di Turki menyebutkan, sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi di wilayah Aegean, Turki ini.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs