Selasa, 16 April 2024

Gedung DPR RI Dikepung Kelompok Massa Penolak RUU HIP dan Omnibus Law

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kelompok massa dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU Omnibus Law dan HIP, Kamis (16/7/2020), di pintu selatan Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Ribuan orang dari sejumlah organisasi masyarakat, mulai pagi sampai siang hari ini, Kamis (16/7/2020), berkumpul di sekitaran Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta.

Kelompok massa itu menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law dan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), menjadi Undang-undang.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, di pintu masuk gedung parlemen sebelah selatan, ada sekitar 300 orang dari organisasi Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), menyampaikan aspirasi dengan cara orasi.

Sementara itu, pintu masuk sebelah utara dipenuhi seribuan orang dari Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK), Persaudaraan Alumni 212, dan Front Pembela Islam (FPI).

Kelompok massa tersebut sama-sama menuntut supaya DPR dan Pemerintah segera membatalkan pembahasan RUU HIP dan Omnibus Law.

Sampai sekarang, aksi masih berjalan tertib. Aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat di sekitar Gedung Parlemen, Senayan.

Aksi massa itu menimbulkan kemacetan di jalanan sekitar lokasi, sehingga aparat kepolisian harus merekayasa lalu lintas.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs