Selasa, 22 September 2020

Gunung Sinabung Masih Semburkan Debu Vulkanik

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Suka Nalu, Karo, Sumatera Utara, Jumat (14/8/2020). Foto : Antara

Pada Sabtu pagi, Gunung Sinabung masih erupsi dengan kelihatan asap kelabu serta menyemburkan debu vulkanik, demikian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Visual Gunung Sinabung dari simpang empat Kabupaten Karo, jelas teramati asap kelabu tebal dengan tinggi 400 meter,” kata Natanail Perangin-Angin Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Karo seperti dilaporkan Antara, Sabtu (15/8/2020).

Ia menyebutkan erupsi Gunung Sinabung yang teramati hari ini, tidak setinggi erupsi-erupsi yang terjadi sebelumnya.

“Ketinggian erupsi Sinabung hari ini menyemburkan debu vulkanik setinggi 400 meter, ” ujar dia.

Sebelumnya, Gunung Sinabung, Jumat (14/8/2020), sekitar pukul 10.30 WIB menyemburkan debu vulkanik setinggi 2.100 meter di atas puncak atau sekitar 4.560 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan.

Berdasarkan informasi Kementerian ESDM Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, erupsi Gunung Sinabung itu terekam melalui seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi lebih kurang satu menit 40 detik.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometerdari puncak Gunung Sinabung.

Kemudian radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer vuntuk sektor timur-utara.

Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung, yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Dolat Rayat, dan Kecamatan Merdeka.(ant/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
30o
Kurs