Jumat, 19 April 2024

Hadapi Covid-19, RS Adi Husada Undaan Wetan Tekankan Protokol Cegah Cross Infection

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Paparan RS Adi Husada Undaan Wetan terkait layanan kesehatan bagi masyarakat di tengah pandmei Covid-19. Foto: Humas RS Adi Husada Undaan Wetan

RS Adi Husada Undaan Wetan sebagai satu diantara rumah sakit rujukan di Surabaya, terus berusaha untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan agar tidak terjadi cross infection.

Di pelayanan Rawat Inap misalnya, telah menyediakan ruangan isolasi sebanyak 71 ruangan, di antaranya ada yang bertekanan negatif, memiliki ruangan ICU isolasi dengan tekanan negatif.

Selain itu, ada juga ruang isolasi yang memiliki fasilitas pelayanan Hemodialisa. Juga telah mempersiapkan ruang operasi yang bertekanan negatif, sehingaa pasien Covid-19 yang memerlukan pembedahan darurat dapat segera dilayani.

Di ruangan isolasi telah dipersiapkan di blok tersendiri sehingga jalur pasien Covid-19 dan non Covid-19, terpisah.

Kalau sebelumnya telah dikembangkan layanan Aplikasi Pendaftaran Online agar pasien dapat mengurangi waktu bertemu dengan pasien lain atau pengunjung lain, menghemat waktu tunggu dan memberi kepastian pelayanan.

Maka, saat ini, untuk pelayanan Rawat Jalan, RS Adi Husada telah mengembangkan pelayanan kesehatan baru berbasis daring, atau yang lebih dikenal dengan Telemedicine. Dengan layanan ini, pasien tidak perlu lagi untuk bertatap muka langsung dengan dokter dan obat pun langsung diantar ke rumah masing-masing.

Sederet prosedur dilakukan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, dan fasilitas ini disebutkan untuk pasien-pasien lama RS Adi Husada Undaan Wetan dengan penyakit kronis, dan pasien-pasien dengan keluhan atau gejala penyakit ringan.

Sedangkan bagi pasien-pasien yang ingin datang langsung ke poliklinik RS Adi Husada Undaan Wetan, dapat mendaftarkan dirinya melalui Aplikasi Adi Husada Undaan Wetan Hospital, yang dapat diunduh melalui Playstore. Pasien dapat menghemat waktu di rumah sakit dan mengurangi risiko terpapar penyakit lainnya.

Penemuan penderita Covid-19 merupakan faktor kunci dalam mencegah penyebaran penyakit. Hal ini biasanya dilakukan dengan pemeriksaan Rapid Test, PCR, CT-scan thorax, rontgen thorax, dan lainnya. Makin cepat ditemukan dan dilakukan penanganan sesuai protokol kesehatan, akan membantu mengendalikan Covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, RS Adi Husada Undaan Wetan telah memiliki dan dapat melayani semua hal tersebut. Termasuk peralatan Pemeriksaan PCR untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan diagnosa pasti penyakit ini.

Pemeriksaan Biomolekular PCR (Polymerase Chain Reaction), adalah pemeriksaan laboratorium berbasis molekuler untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus. Prosedur untuk pemeriksaan tersebut adalah dengan mengambil sample dengan cara swab melalui lubang hidung dan rongga mulut.

Melalui pengadaan pemeriksaan PCR ini, diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanan RS Adi Husada Undaan Wetan kepada pasien-pasien dan menjadi bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs