Jumat, 29 Maret 2024

Hari Anti Narkoba, Puan: Perkuat Kerjasama Global Berantas Narkoba

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI saat mengikuti upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) secara virtual, Jumat (26/6/2020). Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI mengikuti upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Upacara yang dipimpin Maruf Amin Wakil Presiden ini berlangsung secara virtual. Ketua DPR mengikuti upacara dari halaman rumah dinasnya di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Puan, upacara hari Anti-narkotika Internasional menjadi pengingat bahwa dunia tengah menghadapi persoalan bahaya narkotika.

“Bukan di Indonesia saja, tapi banyak negara menghadapi persoalan yang sama,” ujar Puan usai upacara, Jumat (26/6/2020)

Menurut dia, kejahatan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang, atau narkoba, umumnya bersifat lintas negara.

“Ini kejahatan trans-nasional. Jalur distribusinya bersifat internasional dan saling terkait pelakunya walaupun berbeda negara,” jelasnya.

Karena itu, di Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2020, Puan mengajak semua negara terus memperkuat kerjasama global dalam memberantas narkoba.

“Kita jangan pernah lengah melawan narkoba dan jangan pernah memberi ruang bagi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Kita harus lindungi generasi muda dan masa depan bangsa Indonesia,” kata dia.

Puan mengingatkan akan daya rusak narkoba bagi kelangsungan sebuah bangsa.

“Sudah sangat jelas dan nyata bahwa narkoba merusak kehidupan manusia, termasuk generasi muda kita. Bayangkan, generasi muda yang kita harapkan menjadi penerus bangsa, rusak hidupnya karena narkoba. Artinya jika generasi muda kita rusak karena narkoba, maka rusak pula masa depan bangsa,” kata Puan.

Upacara HANI 2020 dipusatkan kantor BNN Pusat. Selain Wapres dan Ketua DPR RI, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara dan sejumlah Menteri hadir secara virtual.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs