Sabtu, 20 April 2024

Hari Ini, Ratusan Mahasiswa Unair Diwisuda Online

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Prof Moh Nasih Rektor Unair dalam acara wisuda daring, Sabtu (27/6/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ratusan mahasiswa Unair diwisuda online hari ini, Sabtu (27/6/2020) pagi. Berbeda dengan wisuda sebelum-sebelumnya, kali ini mereka tak datang ke Airlangga Convention Center (ACC) memakai toga dan didampingi orang tua. Mereka cukup menyaksikan prosesi wisuda online tersebut dari live streaming di channel youtube Universitas Airlangga.

Prof Bambang Sektiari Direktur Pendidikan Universitas Airlangga mengatakan, ada beberapa pertimbangan wisuda ini tetap dilakukan meskipun secara daring.

Salah satunya, agar tidak terjadi hambatan terkait kelulusan dan penggunaan ijasah oleh mahasiswa.

“Kami melakukan berbagai persiapan wisuda online. Kami usahakan tidak menguransi substansi dari wisuda offline, tetap memberikan kesan kesakralan dan marwah. Karena mungkin bagi beberapa mahasiswa wisuda hanya dilakukan sekali seumur hidup,” ujar Bambang Sektiari.

Bambang menambahkan, wisuda daring kali ini tidak mengurangi substansi dari acara wisuda, karena prosesi wisuda dilakukan sesuai pakem.

“Mulai penyumpahan, janji wisudawan, dan berbagai prosesi pimpinan tetap ada,” katanya.

Pada wisuda periode Juni 2020 ini, Prof Moh Nasih Rektor Unair mewisuda sebanyak 704 mahasiswa. Mereka adalah 12 mahasiswa dari program D3-D4, 483 mahasiswa dari program S1, 190 mahasiswa dari program S2, dan 19 mahasiswa dari program S3.

Prof. Nasih juga menyapa sejumlah wisudawan yang menyaksikan wisuda ini dari rumah. Para wisudawan ini juga didampingi orang tua mereka saat menyaksikan live streaming ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan universitas airlangga. Wisuda kali ini sangat spesial karena berbeda digelar online,” kata Dyah Ayu larasati salah satu wisudawan menyapa rektor dari rumahnya.

Dalam wisuda daring ini, pemberian penghargaan pada mahasiswa berprestasi dan terbaik juga tetap ada. Sebanyak 20 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik, dan 10 mahasiswa mendapat penghargaan sebagai wisudawan berprestasi. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs