Jumat, 19 April 2024

Rektor Unair Ingatkan Wisudawan Soal Persaingan Mencari Kerja di Masa New Normal

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Prof. Moh Nasih Rektor Unair dalam wisuda daring pada Sabtu (27/6/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Profesor Mohamad Nasih Rektor Unair mengingatkan ratusan wisudawan dalam Wisuda Online, yang digelar Sabtu (27/6/2020), tentang persaingan mencari kerja di masa new normal. Nasih bilang, persaingan dan kompetisi di luar kampus untuk bisa mendapatkan pekerjaan sangat meningkat di masa new normal.

“Kami berharap kalian bisa segera mengabdikan ilmu pengetahuan yang dimiliki di berbagai tempat dan kami juga sangat menanti para lulusan Unair bisa segera mendapatkan pekerjaan di masa new normal ini. Seperti yang kita saksikan bersama bahwa persaingan dan kompetisi di luar untuk bisa mendapatkan pekerjaan sangat meningkat,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan, pandemi Covid-19 belum usai, sehingga wisudawan dan seluruh masyarakat harus membiasakan diri dengan tatanan kehidupan baru (new normal). Dia mengajak wisudawan tetap berhati-hati dan menjaga kesehatan. “Pandemi memberi pelajaran bagi kita agar lebih teliti dan hati-hati menjaga kesehatan. Kehidupan kenormalan baru harus kita biasakan,” katanya.

Dia mengatakan, wisuda periode Juni menjadi moment sejarah dan merupakan awal tatanan baru bagi Unair. Wisuda dengan metode daring, sambungnya, adalah bagian dari komitmen Unair untuk siap menghadapi tatanan new normal yang lebih sehat, disiplin, menghargai waktu, menghargai sesama dan produktif memberikan kemanfaatan bagi umat manusia.

“Wisuda kali ini merupakan salah satu komitmen dalam menghadapi new normal dan tidak mengurangi kebanggaan saudara sebagai alumni Unair yang excellence with morality,” katanya.

Selain itu, Prof Nasih juga berharap para wisudawan bisa menjaga nama baik almamater. Tampil dengan penuh percaya diri sebagai pribadi yang memiliki semangat Excellence with Morality. Dia mengingatkan, ilmu yang dimiliki para wisudawan harus dibekali moral dan etika, sehingga mampu membawa kemaslahatan pada umat manusia.

“Orang-orang yang menjadi pemenang adalah meraka yang berkontribusi dan memberi manfaat kepada sesama umat manusia yang lebih adil dan beradab,” ujar Nasih.

Sebagai informasi, prosesi pengukuhan wisudawan online ini diikuti 732 mahasiswa yang terdiri dari lulusan jenjang diploma (D3-D4), sarjana (S1), dan doktor (S3). Bertempat di Aula Garuda Mukti Kampus C UNAIR pada Sabtu (27/6/2020), wisuda online ini disiarkan langsung dengan diikuti wisudawan dari kediaman masing-masing melalui zoom dan youtube official account Universitas Airlangga. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs