Selasa, 7 Desember 2021

Hari Pahlawan, Kunjungan ke Museum 10 November Digelar Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para peserta kongres UCLG Aspac saat berkunjung ke Museum Tugu Pahlawan Surabaya, beberapa waktu lalu. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Museum 10 November di dalam kompleks Tugu Pahlawan Surabaya, sambut peringatan Hari Pahlawan 10 November gelar kunjungan ke dalam museum dalam bentuk daring atau virtual.

Antiek Sugiharti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Surabaya menyampaikan bahwa kunjungan ke Museum hingga Senin (9/11/2020) hari ini memang masih tertutup untuk pengunjung.

“Museum memang masih tutup. Termasuk Museum 10 November juga masih tutup. Ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang sampai hari ini masih belum usai. Segala aktivitas kunjungan ke Museum sementara ini tutup,” terang Antiek Sugiharti, Senin (9/11/2020).

Museum 10 November yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi sejarah pertempuran dan perjuangan Arek-arek Suroboyo itu menjelang peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi destinasi kunjungan pelajar.

Tercatat hampir 3.000 pelajar hadir mengunjungi Museum 10 November selama menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun lalu. Para pelajar itu datang dari berbagai sekolah di Surabaya maupun luar Surabaya.

“Karena tahun ini pandemi, Museum tutup dari segala aktivitas. Kunjungan ke Museum juga ditutup. Dan sebagai gantinya ada kunjungan virtual yang digelar menggantikan tour ke Museum,” tambah Antiek.

Dijadwalkan, kunjungan ke Museum 10 November dalam rangka Hari Pahlawan, yang dilaksanakan secara daring atau virtual digelar hingga Jumat (13/11/2020), dan terbuka untuk semua peserta.

Nuri satu di antara pelajar yang Senin (9/11/2020) ditemui bersama kawan-kawannya akan mengunjungi Museum 10 November, tetapi tidak berhasil masuk lantaran Museum tutup, mengaku kecewa.

“Soalnya menarik. Bisa lihat diorama perjuangan 10 November. Melihat senjata-senjata perang yang dipakai berjuang. Pokoknya menarik. Kok ternyata tutup. Tapi ternyata bisa virtual, ya sudah,” kata Nuri.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
25o
Kurs