Kamis, 28 Maret 2024

Hipmi Surabaya Salurkan Donasi di 6 Rumah Sakit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Hipmi Surabaya usai memberikan donasi kepada RSI Jemursari. Foto: Humas Hipmi Surabaya

Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kota Surabaya, Jumat (24/4/2020) salurkan bantuan di beberapa Rumah Sakit (RS) di Kota Surabaya, di tengah Covid-19. Ke enam rumah sakit yang dituju di antaranya adalah: RSI Jemursari, RSAL Dr Ramelan Surabaya dan RS Vincentius A Paulo atau RKZ.

Muhammad Lutfi Ketua Hipmi Kota Surabaya, menyampaikan bahwa donasi yang diantar langsung ke RS-RS ini berupa masker medis, masker non medis, baju hazmat, vitamin dan sarung tangan karet untuk medis.

“Donasi ini dikumpulkan dari sumbangan para anggota Hipmi Surabaya dan hasil koordinasi dengan RS, kebutuhan mereka adalah APD (Alat Pengaman Diri) seperti yang disebutkan tadi, dalam rangka penanganan pasien Covid-19,” terang Lutfi saat ditemui di RSI Jemursari.

Selain tiga RS yang diberikan bantuan Jumat (24/4/2020) ini, sebelumnya pada Kamis (23/4/2020), juga diserahkann APD serupa untuk RS Anwar Medika, dan Puskesmas Simomulyo.

Diakui Lutfi, RS dan Puskesmas selain rujukan juga berpotensi mendapatkan paparan virus Covid-19. Karena banyak orang yang tidak atau belum terdeteksi sedang diserang Covid-19.

“Apalagi saat ini ada orang yang tidak bergejala atau orang yang orang yang beresiko tapi tidak bergejala. Mereka bisa kemana saja termasuk ke RS atau Puskemas untuk pemeriksaan atau keluhan selain gejala Covid-19,” tambah Lutfi.

Sehingga sangat perlu sekali semua RS dan Puskesmas, personil yang ada di garda depannya menggunakan APD. “Minimal masker dan sarung tangan di bagian penerima,” tambah Lutfi.

Kegiatan sosial Hipmi Surabaya ini dijadwalkan akan kembali berlanjut. Setelah donasi yang diserahkan ke RS-RS, rencananya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya, mereka akan menggelar baksos pembagian paket sembako.

“Kami siapkan sekurangnya ada 300 paket sembako bersama Kadin Surabaya. Diserahkan kepada warga terdampak Covid-19 yang kehilangan mata pencariannya sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan,” papar Lutfi.

Sementara itu di RSI Jemursari, Jumat (24/4/2020) rombongan Hipmi Surabaya saat menyerahkan donasi, diterima langsung oleh Direktur RSI Jemursari Prof Dr dr Rochmad Romdoni So PD So KP (K) dan Wakil Direktur Keuangan & Umum, Rochadi Kardiyanto, SE, MBA.

Prof Romdoni, menyampaikan rasa terima kasih atas donasi yang diberikan Hipmi Surabaya. “Semoga menjadi barokah bagi yang memberikan dan barokah bagi yang menerima,” pungkas Prof. Romdoni, Jumat (24/4/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs