Jumat, 29 Maret 2024

HJKS Ke-727, PDIP: Semangat Perjuangan Hadapi Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya. Foto: dokumen suarasurabaya.net

DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menilai, sejarah perjuangan Kota Pahlawan bisa dibumikan dalam kerja-kerja gotong royong untuk menghadapi pandemi Covid-19. Ini disampaikan Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Surabaya berkaitan dengan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-727 pada Minggu (31/5/2020).

“Surabaya adalah dapur perjuangan bangsa, dapur nasionalisme. Pemimpin dan rakyatnya selalu total kalau berjuang. Tepat di momentum Hari Jadi Kota Surabaya 31 Mei, spirit perjuangan itu perlu terus digelorakan untuk menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Adi.

Adi mengatakan, 727 tahun Surabaya adalah perjalanan penuh semangat perjuangan. Sejarah Surabaya diwarnai dengan berbagai peristiwa penting yang berkontribusi dalam perjuangan bangsa Indonesia. Perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato yang kini Hotel Majapahit, menjadi penanda keberanian arek-arek Suroboyo dalam melawan kolonialisme.

Adi juga menyontohkan bagaimana Brigadir Jenderal Mallaby, komandan pasukan Sekutu yang dikirim ke Indonesia, bisa ditumbangkan dalam peristiwa 30 Oktober 1945 di Surabaya. Peristiwa ini memicu pertempuran besar pada 10 November 1945 yang kemudian hari diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Heroisme rakyat Surabaya sudah tak diragukan lagi. Berkali-kali peluru menyerbu, berkali-kali pula rakyat Surabaya tak kenal gentar sedikit pun. Berulang kali tantangan datang, berulang kali pula rakyat Surabaya bisa melewatinya,” kata Adi yang juga ketua DPRD Kota Surabaya.

Di Surabaya pula, sambung Adi, nasionalisme Indonesia digerakkan. Surabaya disebut Adi sebagai dapur nasionalisme. Di kota inilah, Presiden Sukarno dilahirkan pada 6 Juni 1901, saat fajar menyingsing dan abad berganti.

Di Surabaya pula, Bung Karno menghabiskan masa mudanya dengan belajar di tempat tokoh Islam yang sangat tersohor saat itu, Haji Oemar Said Tjokroaminoto, di kawasan Peneleh. Bung Karno terlibat dalam penggodokan pemikiran yang progresif bersama sejumlah tokoh bangsa lain yang juga ”ngenger” ke HOS Tjokroaminoto yang merupakan pendiri Sarekat Islam.

“Di sanalah cikal-bakal pemikiran nasionalisme Bung Karno dibentuk. Di sanalah Bung Karno mulai menulis gagasannya tentang Indonesia Raya,” ujar Adi.

Dengan semangat perjuangan dan penuh nilai-nilai kepahlawanan, lanjut Adi, Surabaya tumbuh menjadi kota yang terus berkembang serta menjunjung tinggi toleransi.

”Sejak era Walikota Pak Bambang DH hingga Bu Risma, Surabaya terus bergeliat maju lewat kerja konkrit yang sudah dirasakan masyarakat. Dan kini, kita yakin Surabaya dan Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19 dengan baik. Numpak taksi nang Joyoboyo, terus ngalor molih nang deso, dino iki hari jadi Suroboyo, mugo rakyate tetep joyo lan sentoso,” pungkasnya. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs