Kamis, 25 April 2024

Jaga Habitat Pantai, Resik-resik Segoro digelar di Pantai Kenjeran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ajktivis mahasiswa Unusa lakukan Resik-resik Segoro di Pantai Kenjeran. Foto: Humas Unusa

Sebagai satu di antara partisipasi dan keikutsertaan menjaga kelestarian habitat pantai di Kota Surabaya, Senin (14/12/2020) Badan Eksekutif Mahasiswwa (EM) Unusa, gelar Resik-resik Segoro di Pantai Kenjeran dan Taman Suroboyo.

Mohamad Riswanto Presiden BEM Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan bagian dari kegiatan abdi alam yang dilakukan mahasiswa Unusa. Dengan memilih kawasan pantai Kenjeran dan Taman Suroboyo sebagai satu upaya menjaga kebersihan pantai dari sampah.

“Kami lakukan bersih-bersih di Pantai Kenjeran kali ini agar kawasan pantai ini, yang merupakan satu diantara pantai yang banyak dikunjungi masyarakat menjadi lebih bersih dari sampah,” terang Riswanto, Senin (14/12/2020).

Riswanto menjelaskan acara ini dilakukan berkat kerja sama BEM Unusa dengan Kementerian Sosial dan Pengabdian Masyarakat Unusa. “Kami lakukan acara ini untuk menjaga alam kita dari sampah yang memang sudah sangat mencemari lingkungan kita, sekaligus sangat memprihatinkan kondisinya,” tambah Riswanto.

Sengaja dipilih Pantai Kenjeran lantaran pantai ini destinasi wisata yang dikenal masyarakat dan banyak dikunjungi di saat liburan atau weekend.

“Dengan kermaian itu tentu saja sampah menjadi bagian perhatian para mahasiswa yang telah dilakukan masyarakat yang tidak bertanggungjawab menjaa kebersihan pantai,” ujar Riswanto.

Selain melakukan bersih-bersih, para mahasiswa Unusa juga melakukan edukasi ke pada warga masyarakat yang tinggal di tepi pantai untuk ikut menjaga kebersihan lingkungannya khususnya kebersihan pantai. “Ini agar masyarakat atau para penggunjung yang datang agar peduli terhadap kelestarian pantai,” jelas Riswanto.

Riswanto berharap dari kegiatan kali ini terjaganya kelestarian lingkungan pantai terlebih banyak habitat dan hewan yang akan terganggu dengan adanya sampah, bisa jadi perhatian bersama. “Harapan kami semakin banyak orang orang yang sadar akan kebersihan lingkungan, terlebih mahasiswa Unusa sendiri dan dapat menularkannya kepada orang banyak terkait kelestarian kebersihan Pantai Kenjeran,” pungkas Riswanto.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs