Rabu, 24 April 2024

Jakarta Banjir Lagi, Kantor SAR Surabaya Kirimkan Personil untuk Perbantuan Evakuasi

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sebelum berangkat, seluruh personel di-briefing oleh I Wayan Suyatna Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya. Foto: Istimewa

Surabaya sekali lagi mengirimkan tim perbantuan tenaga personel untuk evakuasi korban banjir di Jakarta. Selasa (25/02/2020), Imam Nahrowi sebagai Komandan tim bersama 5 personel lainnya berangkat via udara menuju Jakarta.

Tim rescuer dari Kantor SAR Surabaya diharapkan bisa langsung turun secepatnya membantu proses evakuasi korban banjir di wilayah Jakarta setelah adanya permintaan perbantuan personil dari Basarnas Pusat pada Senin (24/02/2020).

Sebelum berangkat, seluruh personel di-briefing oleh I Wayan Suyatna Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya. Wayan berharap agar personil siap secara fisik dan mental menghadapi segala kemungkinan yang ada di lapangan.

“Kita tidak tahu apakah ketinggian air bisa bertambah karena curah air hujan yang tinggi. Saya sendiri berharap air cepat surut dan tidak ada banjir susulan,” ujar Wayan.

Oleh karena kondisi di lapangan yang tidak pasti, Kantor SAR Surabaya belum dapat memastikan hingga kapan perbantuan personil ini dibutuhkan.

“Pastinya personel akan dipulangkan apabila kondisi di Jakarta sudah kondusif,” tambahnya.

Tim yang diperbantukan untuk evakuasi banjir Jakarta ini merupakan personel yang mempunyai kemampuan di bidang water rescue. Masing-masing personel membawa serta Headlamp dan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Life Jacket, dan Coral Boots. Tidak hanya itu, setiap personel yang akan berangkat diperiksa dulu kesehatannya. “Kita tidak mau menurunkan personel yang sedang tidak enak badan karena seperti banjir Jakarta sebelumnya, evakuasi membutuhkan waktu beberapa hari jadi kesehatan rescuer juga penting untuk dipertimbangkan,” jelas Wayan. (bid/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs