Jumat, 19 April 2024

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi Pakis-Malang Resmi Beroperasi Tanpa Tarif

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Gerbang Tol Malang. Foto: Jasa Marga

Pengoperasian Ruas Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Pakis-Malang akhirnya resmi beroperasi pada Selasa (7/4/2020) pukul 21.00 WIB. Saat ini, diberlakukan tanpa tarif (Rp. 0) sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Pemerintah. Pengoperasian tanpa tarif ini ditujukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang.

Selama masa uji coba pengoperasian Seksi Pakis-Malang, pengguna jalan tol yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol sampai dengan GT Pakis, sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.

Begitu juga sebaliknya untuk kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan lewat jalan tol, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol yang diperhitungkan dari GT Pakis, sesuai golongan kendaraan.

Tarif Rp.0 hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya.

Seksi Pakis-Malang merupakan Seksi terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang memiliki lima Seksi sepanjang 38,48 km.

Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km. Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

“Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan Seksi I sampai III dan dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019. Dengan dioperasikannya kelima Seksi, maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh,” ujar Agus Purnomo Direktur Utama PT JPM.

Agus menambahkan, jika sebelumnya menuju ke tengah kota Malang melalui GT Pakis kemudian keluar melalui jalan arteri Ki Ageng Gribig memakan waktu sekitar 30 menit, kini dengan tersambungnya jalan tol Pandaan-Malang dari GT Pakis keluar GT Malang hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Pihaknya mengimbau, agar pengguna jalan tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Pengguna jalan tol juga bisa mengaks3s informasi melalui Call Center 24 jam di nomor 14080. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs