Kamis, 18 April 2024

JK: Disiplin 3M Jadi Kunci Memutus Rantai Penularan Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jusuf Kalla Ketua Umum Palang Merah Indonesia. Foto: Dok suarasurabaya.net

Muhammad Jusuf Kalla Ketua Umum Palang Merah Indonesia mengatakan dalam menghadapi pandemi Covid-19, disiplin diri dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, menjadi kunci untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Dengan demikian, kita bisa saling menjaga antara satu sama lain,” kata Jusuf Kalla dalam pelantikan 17 pengurus dan tujuh dewan kehormatan PMI Provinsi Bali masa bakti 2020-2025 di Denpasar, Rabu (28/10/2020).

Dilansir Antara, Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 itu menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini tugas yang telah dilaksanakan anggota PMI, yakni bekerja sama dengan pemerintah dan pihak terkait, dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan pada ruang dan wilayah di tempat-tempat yang rawan sebagai klaster, seperti di pasar, terminal dan tempat umum lainnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta agar anggota PMI mampu mendedikasikan pengabdiannya untuk masyarakat luas tanpa mengenal pamrih dan membedakan status, karena tugas pokok PMI adalah bekerja saat manusia dan alam mengalami kesulitan.

“Dengan salah satu program pokoknya, yakni donor darah, PMI adalah solusi bagi kesulitan masyarakat, di mana mereka memiliki peran untuk membantu kesulitan, baik yang ditimbulkan karena bencana alam ataupun manusianya itu sendiri. Kita harus bekerja sama dengan solid, baik antar pusat dan juga daerah, termasuk hal-hal yang terjadi di dalam negeri maupun luar adalah tugas bersama,” ujarnya. (ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs