Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Presiden Mengikuti KTT APEC 2020 Secara Virtual

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI mengikuti KTT APEC 2020 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, malam hari ini, Jumat (20/11/2020), menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pada pertemuan APEC Tahun 2020 yang mengangkat tema Optimising Human Potential Towards a Resilient Future of Shared Prosperity: Pivot, Prioritise, Progress, Malaysia bertindak selaku tuan rumah penyelenggara.

Tema tersebut mencerminkan harapan ketahanan, kelincahan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di kawasan Asia-Pasifik melalui konsep kesejahteraan bersama selama pandemi Covid-19.

Indonesia akan menyuarakan pentingnya untuk merajut kembali strategic trust untuk memperkuat fondasi kebersamaan ekonomi anggota APEC dan menjelaskan soal langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulihkan ekonomi global akibat pandemi.

APEC 2020 diharapkan dapat menyepakati visi APEC pascatahun 2020 yang akan menentukan arah kerja APEC untuk 20 tahun mendatang.

Visi itu akan meneruskan visi Bogor Goals 1994 yang merupakan kerangka kerja sama APEC selama 26 tahun terakhir yang disepakati pada masa keketuaan Indonesia di APEC 1994.

Pada KTT APEC kali ini, Jokowi Presiden didampingi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Agus Suparmanto Menteri Perdagangan, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, dan Abdul Kadir Jaelani Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs