Sabtu, 15 Juni 2024

Jokowi Presiden Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, Kamis (1/10/2020), di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, tetap digelar secara nasional dengan pusat di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, walau pun masih ada pandemi Covid-19.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Kamis (1/10/2020), hadir di lokasi dan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.45 WIB, diawali dengan lantunan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian, Kolonel Eri Ahmad Harahap selaku Komandan Upacara melapor kepada Presiden yang berada di podium dengan setelan jas, kopiah dan masker warna hitam.

Berikutnya, upacara dilanjutkan dengan sesi mengheningkan cipta untuk meneganang jasa para pahlawan.

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI bertugas membacakan Teks Pancasila, dan La Nyalla Mattalitti Ketua DPD RI membacakan Naskah UUD NRI Tahun 1945.

Sementara itu, Puan Maharani Ketua DPR RI mendapat tugas membacakan ikrar yang berisi ajakan persatuan seluruh elemen bangsa.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sekadar informasi, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini juga digelar secara virtual.

Sejumlah menteri, pimpinan lembaga negara, perwakilan Indonesia di luar negeri, serta seluruh kepala daerah wajib mengikuti upacara dari kantornya masing-masing.(rid/lim)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs