Kamis, 25 April 2024

Jokowi Presiden Sebut Ada Tiga Klaster Penyebaran Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Ilustrasi. Virus corona (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengingatkan jajarannya dan seluruh masyarakat mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 di tiga lingkungan atau klaster. Masing-masing, klaster perkantoran, klaster keluarga, dan klaster pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dalam Rapat Kabinet Paripurna yang berlangsung tadi pagi, Senin (7/9/2020), di Istana Negara, Jakarta, Presiden mengatakan, selama ini pemerintah fokus melakukan pencegahan di tempat-tempat umum.

Tapi, menurut Jokowi, sekarang upaya pencegahan juga harus dilakukan di lingkungan keluarga. Karena, banyak orang cenderung merasa aman dari ancaman Virus Corona begitu berada di rumah tinggalnya.

Begitu juga dengan orang-orang yang masih rutin beraktivitas di lingkungan perkantoran.

“Hati-hati yang namanya klaster kantor. Yang kedua, klaster keluarga. Yang terakhir, klaster Pilkada. Karena yang selalu kita kejar adalah tempat-tempat umum, tapi kita lupa sekarang harus hati-hati di klaster keluarga. Karena di rumah kita sudah merasa aman. Justru di situlah, yang kita harus hati-hati. Dalam perjalanan masuk kantor kita juga sudah merasa aman, sehingga kita juga lupa protokol kesehatan di dalam kantor,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi adanya klaster Pilkada tahun ini, Jokowi Presiden secara khusus memerintahkan Menteri Dalam Negeri menjamin pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan ketat.

Mendagri dan Bawaslu, kata Presiden, harus memberikan peringatan keras kepada semua pihak yang melanggar aturan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19.(rid/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs