Jumat, 26 April 2024

Presiden: Sektor Kesehatan Fokus Utama Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden dalam Rapat Kabinet Paripurna di Istana Negara, pagi hari ini, Senin (7/9/2020) mengatakan, fokus pemerintah di masa pandemi Covid-19 adalah sektor kesehatan.

Menurut Presiden, faktor kunci untuk membuat perekonomian membaik adalah kesehatan seluruh rakyat.

Kalau penanganan wabah Covid-19 dan sektor kesehatan masyarakat berjalan baik, Jokowi yakin sektor ekonomi juga akan ikut membaik.

“Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Artinya, fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan, penanganan Covid. Karena memang kuncinya ada di situ,” ujarnya.

Maka dari itu, Presiden memerintahkan jajarannya, mulai dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menteri Kesehatan, TNI dan Polri, fokus menjalankan tugasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi secara khusus menginstruksikan Menteri Kesehatan membuat perencanaan tes PCR yang baik, untuk seluruh wilayah Indonesia.

Presiden menyebut, tes untuk mendeteksi Covid-19 sejauh ini belum merata. Ada provinsi yang jumlah tesnya sudah tinggi, dan ada provinsi yang pengetesannya masih sangat rendah.

“Yang saya lihat, ada provinsi yang sudah melakukan (tes PCR) tinggi sekali, tapi ada provinsi yang testingnya masih rendah sekali,” ungkapnya.

Kata Jokowi, desain perencanaan harus komprehensif, menyangkut jumlah laboratorium, dan banyaknya reagen yang harus terdistribusi.

“Perencanaan itu kita perlukan sehingga kelihatan nanti, kasus-kasus positif berada di wilayah atau provinsi yang mana,” tegasnya.

Presiden juga menekankan urgensi perencanaan strategi jejaring laboratorium. Sehingga pemeriksaan lab tidak terbatas wilayah administrasi.(rid/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs