Jumat, 19 April 2024

Kaloena Hotel UK Petra Implementasikan Teori dan Bertemu Konsumen Langsung

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Layanan Kaloena Hotel dan Restauran mempertemukan mahasiswa dan konsumen. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengimplementasikan teori sekaligus bertemu langsung dengan konsumen, Kamis (12/3/2020) Kaloena Hotel dan Restauran dibuka di Universitas Kristen Petra Surabaya.

Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Kamis (12/3/2020) membuka Kaloena Hotel dan Restauran sebagai sarana bagi mahasiswa Manajemen Perhotelan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya mengimplementasikan teori-teori selama perkuliahan.

“Kami secara langsung juga bertemu dengan para konsumen yang datang untuk mendapatkan layanan kami. Mulai dari layanan perhotelan, restauran hingga aneka makanan yang kami sajikan. Tentunya ini berdasarkan teori-teori yang telah kami terima sebelumnya,” terang Patrick James Teguh Prasetia general manager Kaloena Hotel dan Restauran.

Dengan secara langsung bertemu dengan konsumen, lanjut Patrick memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendapatkan masukan atau bahkan kritik atas layanan yang sudah diberikan sebagai tamu atau konsumen hotel.

Di Kaloena Hotel dan Restauran, para mahasiswa berkesempatan membuat sekaligus menyajikan berbagai menu. Sekurangnya ada 36 menu yang terdiri 5 appetizer (makanan pembuka), 3 soups, 15 main courses (hidangan utama), 3 dessert (hidangan penutup), dan 10 beverages, serta Gelato.

“Dengan berbagai menu serta sajian yang dihadirkan dalam menu Kaloena Hotel dan Reatsuran, kami sekaligus diberikan kesempatan menampilkan berbagai menu sesuai dengan pilihan yang ada. Total ada 36 menu yang ditampilkan, terdiri dari appetizer, soup, main courses, dessert, dan becerages,” tambah Patrick.

Program studi Manajemen Perhotelan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya kali ini menampilkan Kaloena Hotel dan Restauran yang dipandegani 48 mahasiswa peserta mata kuliah manajemenn operasional hotel (MOH).

Kaloena adalah bahasa Sansekerta yang dimaknai atau diartikan sebagai new opportunity, dan diharapkan Kaloena dapat mengambil kesempatan ditengah maraknya hotel serta restauran saat ini.

“Nama Kaloena sendiri adalah bahasa Sansekerta, Kaluna. Dan kami menulsikannya menjadi ejaan lama Kaloena. Maknanya adalah kesempatan baru, new opportunity. Yang secara harafiah diharapkan memberikan kesempatan bagi kami untuk ikut bersaing ditengah maraknya hotel serta restauran,” ujar Patrick.

Para mahasiswa semester enam ini mengoperasionalkan lima departemen yang ada di Kaloena Hotel yaitu, laundry, pastry, kitchen, dan service. Beroperasional sejak 11 Februari 2020 lalu dan dijadwalkan berakhir pada Selasa (24/3/2020) dengan susunan manajemen seperti pada hotel yang ada pada umumnya.

“Ada delapan mahasiswa yang menempati posisi sebagai top management. Sedangkan sekitar 40 mahasiswa sisanya menduduki posisi atau jabatan di bidang operasional yang ada di lima departemen Kaloena Hotel dan Restauran. Semuanya bertugas layaknya bekerja pada hotel,” tegas Patrick.

Andra Prastika Dewi satu diantara konsumen yang hadir di Kaloena Hotel dan Restauran menyampaikan bahwa makanan yang disajikan cukup menarik dengan layanan yang tidak kalah dengan hotel lainnya.

“Makanan dan sajian yang ditampilkan menarik. Rasanya enak, tidak kalah kok dengan hotel lainnya. Layanananya juga bagus. Ini menarik karena mahasiswa secara langsung berpraktek, melayani konsumen,” pungkas Andra, Kamis (12/3/2020).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs