Jumat, 29 Maret 2024

Kapolri Tegaskan Penetapan Mutasi dan Promosi Dilakukan Secara Obyektif

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jenderal Pol Idham Azis Kapolri. Foto : Polri

Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri menegaskan bahwa dalam menetapkan mutasi dan promosi jabatan di Polri telah dilakukan suatu proses penilaian yang obyektif.

“Mutasi dan promosi adalah anggota terbaik Polri yang sudah melalui proses penilaian obyektif, sistem urut kacang dan tradisi kepemimpinan di Polri,” kata Brigjen Argo melalui siaran pers yang di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Jenderal Pol Idham Azis Kapolri pun telah menegaskan bahwa tidak ada lagi faktor kedekatan pada atasan yang menentukan pangkat dan jabatan.

“Kapolri Jenderal Idham Azis telah menyatakan kepada seluruh anggota Polri tidak ada lagi menghadap, sowan-sowan dalam mencari jabatan. Tunjukkan prestasimu karena kelak Polri yang mencarimu,” tutur Argo dilansir Antara.

Menurut dia, seluruh anggota Polri dari bintara sampai dengan perwira tinggi adalah anak buah Idham Azis Kapolri yang memiliki semangat promoter (profesional, modern dan terpercaya).

Pihaknya pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu menangani wabah Covid-19 yang saat ini melanda negeri.

“Polri mengajak masyarakat untuk terus bahu membahu dalam menangani wabah corona, mari kita fokus pada hal hal yang produktif demi Indonesia Jaya,” katanya.

Sebelumnya, melalui Surat Telegram Nomor: ST/1377 – 1380/V/KEP./2020 dan ST/1381 – 1383/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020, Jenderal Pol Idham Azis Kapolri merombak besar-besaran posisi sejumlah perwira tinggi dan menengahnya.

Diantaranya Irjen Pol Boy Rafli Amar Wakalemdiklat Polri dimutasi untuk penugasan sebagai Kepala BNPT.

Irjen Pol Luki Hermawan, Kapolda Jatim diangkat sebagai Wakalemdiklat Polri.

Pergeseran Boy Rafli ke BNPT menggantikan posisi Kepala BNPT sebelumnya, Komjen Suhardi Alius yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Irjen Pol Fadil Imran Sahlisosbud Kapolri dimutasi menjadi Kapolda Jatim.

Irjen Pol Andap Budhi Revianto Kapolda Kepri ditunjuk menjadi Irjen Kemenkum HAM.

Irjen Pol Aris Budiman yang sebelumnya menjabat Ketua STIK Lemdiklat Polri dipercaya menempati posisi yang ditinggalkan Andap, yakni Kapolda Kepri.

Irjen Pol Yazid Fanani Kapolda Kalsel dimutasi menjadi Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Irjen Pol Nico Afinta yang sebelumnya menjabat Sahlisospol Kapolri diangkat menjadi Kapolda Kalsel.

Kapolri juga memutasi Irjen Pol Rycko Amelza Kapolda Jawa Tengah menjadi Kabaintelkam Polri menggantikan Komjen Pol Agung Budi Maryoto yang diangkat menjadi Irwasum Polri.

Komjen Agung Budi Maryoto menggantikan posisi Irwasum Polri Komjen Pol Moechgiyarto yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Selanjutnya Brigjen Pol Ahmad Luthfi Wakapolda Jawa Tengah diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Jawa Tengah.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs