Kamis, 1 Oktober 2020

Kasus Gilang Jadi Trending, Sejumlah Pihak Nyatakan Sikap Pada Fetish Kain Jarik

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Tangkapan layar utas tentang Gilang di akun twitter @m_fikris pada Rabu (29/7/2020).

Nama Gilang mendadak trending di media sosial Twitter Indonesia hari ini, Kamis (30/7/2020). Sampai pukul 17.00 WIB, sudah 105 ribu orang membuat cuitan di Twitter tentang mahasiswa FIB Unair yang viral setelah akun @m_fikris membagikan utas bercerita tentang pelecehan seksual yang ia alami, sehari sebelumnya pada Rabu (29/7/2020).

Ia mengawali cuitan tersebut dengan judul “Predator ‘Fetish Kain Jarik’ Berkedok Riset Akdemik dari Mahasiswa PTN di SBY.”

Lalu ia bercerita mengenai perkenalannya dengan Gilang dan pengalamannya dirinya dilakban dan dibungkus dengan kain jarik. Kepada korban, Gilang mengaku sedang mengadakan sebuah riset untuk tugas akhir di kampusnya dan meminta @m_fikris membungkus dirinya dengan kain lalu mengirimkannya melalui foto atau video.

Setelah utas yang ia bagikan mulai viral, sejumlah warganet akhirnya mengaku pernah menjadi korban maupun hampir menjadi korban pelecehan seksual oleh korban. Mereka juga diminta melakukan hal serupa seperti yang dialami @m_fikris.

Utas viral ini mendapat berbagai respon dari warganet. Bahkan, sejumlah artis ikut berkomentar. Salah satu yang cukup viral yaitu retweet dari Sutradara Film Ernest Prakasa. Ia sempat bersinggungan dengan Gilang saat launching film Imperfect yang disutradarainya.

“Gw RT thread ini ya, baca aja sampe bawah nanti ada foto pelakunya. Fotonya bareng gw, brengsek emang,” cuit Ernest dalam akun twitternya @ernestprakasa, Kamis (30/7/2020).

Selain Ernest, Influencer Karin Novilda atau Awkarin bahkan membuat cuitan siap memfasilitasi lawyer untuk membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Si Gilang ini di mana sekarang? Surabaya apa di mana? Nanti gue konsultasi dulu sm lawyer gue bisa dikasusin gak dengan bukti-bukti yang ada. Dan para korban bersedia didampingin lawyer gue apa nggak. Netizen waktu dan tempat dipersilahkan,” cuitnya di akun twitter @awkarin, Kamis (30/7/2020).

Salah satu meme viral di media sosial tentang kasus Gilang. Foto: Istimewa

Selain itu, berbagai meme tentang Gilang juga mencuat di media sosial. Salah satu meme yang cukup trending diantaranya “Aku perhatikan km bungkusable juga” dan “Apa lu liat liat? Mau gue bungkus? -Kang bungkus” bersandingan dengan wajah Gilang merujuk pada model pelecehan seksual yang dia lakukan.

Salah satu meme viral di media sosial tentang kasus Gilang. Foto: Istimewa

Setelah kasus ini mencuat dan menjadi viral di media sosial, hari ini, Kamis (30/7/2020) pihak Dekanat FIB Unair membuat pernyataan tertulis menanggapi hal ini. Prof. Diah Ariani Arimbi Dekan FIB Unair menyatakan FIB akan mengusut kasus Gilang melalui komisi etik fakultas.

“Fakultas Ilmu Budaya telah berusaha menghubungi pelaku (mahasiswa yang bersangkutan) untuk mengonfirmasi hal-hal yang beredar di media sosial kepada yang bersangkutan tetapi sampai pernyataan resmi ini disampaikan yang bersangkutan belum dapat dihubungi. Fakultas Ilmu Budaya juga telah berusaha menghubungi orang tua mahasiswa yang bersangkutan, tetapi belum dapat terhubung,” kata Prof. Diah pada Kamis (30/7/2020).

Selain pihak Dekanat FIB, Rektorat Unair melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair juga menegaskan akan mengambil tindakan tegas dan tidak akan melindungi yang bersangkutan. Ia juga memastikan bahwa yang bersangkutan memang mahasiswa Unair angkatan 2015 bernama lengkap Gilang Aprilian Nugraha Pratama.

“Kami secara tegas tidak akan melindungi kesalahan dan akan terus melakukan investigasi. Tentunya akan memberikan sanksi paling tegas karena hal itu merupakan tindakan melanggar disiplin moral mahasiswa,” kata Suko Widodo Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair. (bas/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 1 Oktober 2020
29o
Kurs