Jumat, 29 Maret 2024

Kominfo Resmikan 18 BTS di Labuan Bajo, Empat Menara di Kecamatan Komodo

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Labuan Bajo menjadi gerbang wisata dunia. Foto: Antara

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui konferensi video meresmikan 18 menara base transceiver station (BTS) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Saat ini Pak Presiden Joko Widodo mempunyai perhatian yang tinggi untuk membangun secara besar-besaran infrastruktur dalam rangka Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Manggarai Barat, Labuan Baju, Komodo. Sebagai contoh, membangun bandara, pelabuhan, jalan, kita lihat dengan mata, kepala, saksikan sendiri secara fisik, bisa lihat langsung. Tetapi, membangun telekomunikasi, sebagai contoh, menggelar fiber optik di dasar laut, tidak ada yang bisa lihat itu. Namun harus tetap dibangun, hasilnya yang kita rasakan ada sinyal,” kata Johnny G Plate Menteri Kominfo saat konferensi video dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/11/2020), yang dilansir Antara, Jumat (12/11/2020).

Menteri Johnny mengadakan konferensi dengan masyarakat Desa Komodo, yang diwakili Haji Aksan Kepala Desa Komodo, bersama dengan Anang Latif Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), yang juga hadir di Desa Komodo.

Anang Latif Dirut BAKTI dalam keterangan yang sama menyatakan pembangunan BTS ini merupakan komitmen pemerintah untuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“BTS yang akan kami resmikan ini adalah bagian dari program 21 pembangunan BTS untuk destinasi super prioritas, 18 di antaranya di Provinsi di NTT dan 3 di Provinsi NTB,” kata Anang.

Dari 18 BTS yang dibangun, sebanyak empat menara sudah dibangun di Kecamatan Komodo.

Sementara itu, Joseph Nae Soi Wakil Gubernur NTT melakukan konferensi video dari Labuan Bajo.

Pembangunan BTS di Labuan Bajo merupakan salah satu program pemerintah untuk mengatasi kesenjangan ketersediaan internet, agar wilayah-wilayah terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar bisa tersambung ke internet cepat jaringan 4G.

Selain jaringan internet dari pembangunan BTS, masyarakat di desa tersebut juga akan mendapatkan akses internet gratis untuk pelayanan umum.

Johnny dalam pertemuan virtual tersebut juga mengajak masyarakat Labuan Bajo untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dengan menggunakan infrastruktur TIK.

“Saya tetap berkeyakinan bahwa pembangunan yang sukses, apabila keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat tetap aktif di dalamnya. Masyarakat jangan sampai menjadi penonton, tetapi menjadi partisipan aktif pembangunan nasional kita, termasuk di Pulau Komodo,” kata Johnny.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs