Kamis, 25 April 2024

Konferwil AMSI Jatim, Agus Sudibyo Bedah Tantangan Media Siber Lokal

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Agus Sudibyo Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers dalam seminar di Konferwil ke-2 AMSI Jatim secara daring, Sabtu (24/10/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

Agus Sudibyo Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers mengungkapkan tren jika media massa profesional tidak bisa digantikan oleh media baru. Namun ia menyingkap potensi local content yang cukup besar.

“Media yang survive adalah media yang semakin locality dan proximity. Basisnya adalah komunitas, distrik,” terang Agus saat seminar di Konferwil ke-2 AMSI Jatim secara daring, Sabtu (24/10/2020).

Di mana secara regular, lanjutnya, media lokal rutin menyajikan liputan publik dan mampu menargetkan khalayak yang jelas dan spesifik. Namun permasalahannya, media lokal mau tidak mau harus masuk dalam ekosistem global yang monopolistik.

Oleh karena itu perlu dukungan politik. Antara lain aturan main yang berpihak pada media lokal (nasional), kebijaksanaan pemerintah pusat maupun daerah untuk memprioritaskan kerjasama dengan media nasional atau lokal yang profesional daripada platform media global serta mempertimbangkan media massa lokal.

“Mari kita kembali mempertimbangkan keberadaan media lokal. AMSI salah satunya bertujuan membangun ekosistem media lokal kepada media nasional,” tambahnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Selain itu, konten lokal menjadi salah satu invasi dan harapan banyak publik agar lebih dekat lebih peduli membangun daerah bersama-sama.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs