Sabtu, 20 April 2024

Lawan COVID-19 dengan Bagi-Bagi Masker dan Hand Sanitizer

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Relawan JFI dan JAKA saat mengemas hand sanitizer untuk dibagikan gratis ke masyarakat yang membutuhkan. Foto: Istimewa

Makin langka dan mahalnya perlengkapan pencegahan penyebaran virus SARS CoV-2 penyebab COVID-19 seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain membuat sejumlah elemen masyarakat bergerak.

Sejumlah komunitas maupun organisasi masyarakat di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, mulai menggalang donasi berupa masker, hand sanitizer, dan sabun antiseptic untuk dibagi-bagikan ke masyarakat.

Salah satunya Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan Sejuta Hand Sanitizer yang dilakukan Jatim for Indonesia (JFI) bekerja sama dengan Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JAKA).

Kedua organisasi ini membentuk posko bernama Posko Lawan Corona di Jalan Ketintang Madya Nomor 73 yang jadi pusat pengumpulan donasi dan distribusi barang ke masyarakat.

“Kami terima donasi hand sanitizer, masker, sabun cair antiseptik, juga dana untuk pengadaan barang-barang itu, untuk kami bagikan gratis ke masyarakat,” kata Teguh Prihandoko Ketua JAKA, Sabtu (21/3/2020).

Teguh menjelaskan, barang itu akan didistribusikan ke masyarakat informal yang kesulitan akses atas barang itu, seperti di wilayah perkampungan padat penduduk yang ada di Surabaya.

Di luar Surabaya, distribusi barang juga akan menyasar beberapa wilayah di Jatim, seperti di Krian, Sedati, Lawang, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, dan Jember. Juga ke DKI Jakarta.

Saat ini, jejaring JFI telah mengupayakan 9.000 botol hand sanitizer secara bertahap. Sedangkan jejaring JAKA saat ini dalam proses menyediakan 2.000 botol cairan pembersih tangan.

Teguh bilang, distribusi hand sanitizer akan dimulai secara bertahap mulai hari ini. Sebagai langkah awal, relawan JFI akan mengirim barang-barang itu ke DKI Jakarta, sebagai episentrum penyebaran COVID-19.

Secara bersamaan, kedua organisasi ini juga sudah membagikan barang-barang kebutuhan pencegahan penyebaran virus itu ke masyarakat di pinggiran rel Ketintang Surabaya.

Selain JFI dan JAKA, elemen masyarakat lain yang menamai diri Paramedis Jalanan juga membuka donasi sejumlah bahan baku pembuatan hand sanitizer yang juga akan dibagikan ke masyarakat.

Paramedis Jalanan ini membuka posko penerimaan bantuan bahan seperti isopropil alkohol 99,8 persen, aloe vera gel, dan botol semprot di Kantor LBH-YLBHI Surabaya di Jalan Kidal Nomor 6, Surabaya.

Sebagaimana poster yang mereka sebarkan melalui media sosial, botol-botol hand sanitizer itu akan dibagi-bagikan secara gratis untuk masyarakat yang ada di Surabaya dan sekitarnya. (den/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
34o
Kurs