Rabu, 21 Oktober 2020

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Gelar UTBK 5-12 Juli 2020

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Muhammad Nasih Rektor Universitas Airlangga yang juga Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Foto: Dok./Baskoro suarasurabaya.net

Prof Mohammad Nasih Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan diselenggarakan pada 5 hingga 12 Juli 2020.

“UTBK akan diselenggarakan pada 5 hingga 12 Juli mendatang,” ujar Nasih dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Nasih mengatakan berdasarkan keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Diperkirakan pelaksanaan UTBK pada Juli mendatang tersebut dalam kondisi aman dari pandemi Covid-19.

Dalam Surat Edaran LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020, dijelaskan pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 2 hingga 2 Juni 2020. Kemudian pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Untuk materi tes yang diujikan yakni Tes Potensi Skolastik (TPS). Setiap peserta hanya diperbolehkan mengambil satu kali tes.

Untuk pelaksanaan UTBK sendiri akan diselenggarakan dalam empat sesi setiap harinya. Kemudian, pendaftaran UTBK dan SBMPTN diselenggarakan secara bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Sebelumnya, UTBK mengalami penundaan karena adanya pandemi Covid-19 di Tanah Air. UTBK merupakan syarat untuk mengikuti SBMPTN.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Rabu, 21 Oktober 2020
30o
Kurs