Senin, 6 Desember 2021

Massa Buruh dari Luar Kota Bergerak ke Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rombongan pengunjuk rasa terlihat di jalur Raya Gempol - Surabaya, Kamis (19/11/20). Foto: cvkdomo via twitter e100ss

Massa buruh dari luar Surabaya yang akan menyampaikan tuntutannya di  depan Gerbang Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan terpantau sudah bergerak menuju Surabaya, Kamis (19/11/2020) siang.

AKP Tirto Kanit Dikyasa Lantas Polrestabes Surabaya mengatakan, masing-masing massa buruh dari Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan sudah sama-sama bergerak menuju titik kumpul. Polisi sudah disiagakan di lokasi, mulai dari Jalan Pahlawan hingga ke Indrapura.

“Rencananya nanti langsung ke Kantor Gubernur, tapi tidak menutup kemungkinan untuk ke tujuan lain. kami terus ikuti pergerakan massa, rencananya dari Bundaran Waru diarahkan ke frontage,” katanya kepada Radio Suara Surabaya.

Sementara Ipda Yusuf Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan melaporkan, massa buruh sebanyak 40 bus saat ini sudah tiba di Tanggulangin dan mendapat pengawalan dari kepolisian. Untuk lalu lintas di sekitar dilaporkan sudah macet.

Sekadar diketahui, sebanyak 10 ribu buruh dari 15 Federasi dan Konfederasi yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Jatim akan membawa sejumlah tuntutan dalam unjuk rasa hari ini.

Massa aksi akan bergerak bergelombang dari kawasan industri ke titik kumpul di Bundaran Waru/Cito Mall, Kebun Binatang Surabaya (KBS), dan Kawasan Industri Margomulyo, sekitar pukul 12.00 WIB.

Secara bersama-sama, kalau sesuai dengan rencana, 10 ribu pengunjuk rasa akan bersama-sama menuju Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya dan diperkirakan tiba sekitar pukul 14.00 WIB.

Dua isu utama yang akan disampaikan buruh di depan Gerbang Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan adalah kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2021 sebesar Rp600 ribu dan penolakan UU Omnibus Law. (dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 6 Desember 2021
29o
Kurs