Kamis, 9 Mei 2024

Meskipun Sudah Normal, Nelayan Kenjeran Pilih Waspada

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Kapal yang bersandar di Pantai Kenjeran. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meskipun nelayan Kenjeran sudah melaut kembali, mereka tetap memilih waspada pada perubahan cuaca yang tiba-tiba mengalami perubahan drastis.

Beberapa hari terakhir, seperti disampaikan M. Ihsan ketua paguyuban nelayan Bintang Sejaterah Kenjeran, nelayan memang sudah melaut karena ombak sudah normal.

Alhamdulillah. Nelayan memang sudah melaut seperti biasa. Tapi, kami tetap saling mengingatkan jika memang terjadi perubahan cuaca mendadak. Seperti kemarin itu kami saling menjaga dan mengingatkan,” terang Ikhsan, Rabu (25/11/2020).

Ombak tinggi sampai sekitar empat meter sempat terjadi saat itu. Dan ketika malam ombak yang berubah tinggi tersebut jelas mengkhawatirkan bagi warga sekitar kawasan Nambangan maupun Cumpat yang merupakan kampung nelayan.

Karena itu, meskipun saat ini ombak sudah normal, para nelayan tetap waspada mengantisipasi jika terjadi perubahan cuaca atau ombak secara tiba-tiba.

“Kami dibantu Pemkot Surabaya. Dan soal melaut lagi, kami sesama nelayan memang saling mengingatkan. Termasuk mengingatkan keluarga di rumah supaya jangan memaksakan diri ke laut, kalau cuacanya buruk,” tambah Ikhsan.

Soal hasil tangkapan di laut, Ikhsan menambahkan bahwa beberapa hari belakangan sudah sama seperti sebelum ombak tinggi. “Alhamdulillah ikannya sudah balik lagi,” pungkas Ikhsan.

Sementara itu, beberapa nelayan ada yang melakukan pengecatan perahu dan membersihkan badan perahu dari lumut. (tok/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs