Jumat, 22 Januari 2021

Meskipun Sudah Normal, Nelayan Kenjeran Pilih Waspada

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Kapal yang bersandar di Pantai Kenjeran. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meskipun nelayan Kenjeran sudah melaut kembali, mereka tetap memilih waspada pada perubahan cuaca yang tiba-tiba mengalami perubahan drastis.

Beberapa hari terakhir, seperti disampaikan M. Ihsan ketua paguyuban nelayan Bintang Sejaterah Kenjeran, nelayan memang sudah melaut karena ombak sudah normal.

Alhamdulillah. Nelayan memang sudah melaut seperti biasa. Tapi, kami tetap saling mengingatkan jika memang terjadi perubahan cuaca mendadak. Seperti kemarin itu kami saling menjaga dan mengingatkan,” terang Ikhsan, Rabu (25/11/2020).

Ombak tinggi sampai sekitar empat meter sempat terjadi saat itu. Dan ketika malam ombak yang berubah tinggi tersebut jelas mengkhawatirkan bagi warga sekitar kawasan Nambangan maupun Cumpat yang merupakan kampung nelayan.

Karena itu, meskipun saat ini ombak sudah normal, para nelayan tetap waspada mengantisipasi jika terjadi perubahan cuaca atau ombak secara tiba-tiba.

“Kami dibantu Pemkot Surabaya. Dan soal melaut lagi, kami sesama nelayan memang saling mengingatkan. Termasuk mengingatkan keluarga di rumah supaya jangan memaksakan diri ke laut, kalau cuacanya buruk,” tambah Ikhsan.

Soal hasil tangkapan di laut, Ikhsan menambahkan bahwa beberapa hari belakangan sudah sama seperti sebelum ombak tinggi. “Alhamdulillah ikannya sudah balik lagi,” pungkas Ikhsan.

Sementara itu, beberapa nelayan ada yang melakukan pengecatan perahu dan membersihkan badan perahu dari lumut. (tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Trailler vs Pick Up di Tol

Tambak Mayor Macet

Truk Naik Pembatas Jalan

Truk Mogok di Manyar Gresik

Surabaya
Jumat, 22 Januari 2021
29o
Kurs