Minggu, 25 Februari 2024

Nelayan Kenjeran Kembali Melaut, Meski Sedikit Was-was

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Deretan perahu nelayan di parkir, saat ombak tinggi terjadi di kawasan Pantai Kenjeran. Foto: totok suarasurabaya.net

Sejumlah nelayan di kawasan Pantai Kenjeran, Surabaya sejak semalam mulai kembali melaut, setelah beberapa hari tidak melaut akibat ombak tinggi yang terjadi.

Muhammad Ihsan Ketua Paguyuban Nelayan Bintang Sejaterah, Kenjeran, Selasa (17/11/2020) menyampaikan bahwa bersama kawan nelayan lainnya saat ini sudah kembali melaut, meskipun masih sedikit was-was.

“Was-was kalau cuaca berubah terus ombak ikut berubah lagi. Alhamdulillah bisa balik lagi ke laut. Ombak tidak tinggi lagi. Kawan-kawan nelayan hari ini juga kembali mencari nafkah,” terang Ihsan, Selasa (17/11/2020).

Namun demikian Ihsan mengakui bahwa ada sedikit perasaan cemas atau was-was, jika suatu waktu cuaca di laut berubah, dan ombak tinggi kembali menghadang perahu-perahu para nelayan.

“Bismillah pokoknya. Nelayan itu khawatir kalau cuaca tiba-tiba berubah ekstrem. Seperti kemarin itu. Kejadiannya kan malam hari, waktunya orang tidur. Itu juga yang bikin khawatir,” tegas Ihsan.

Sebagai nelayan, kata Ihsan kembali melaut adalah bagian menyenangkan yang sekaligus wajib disyukuri. Mengapa demikian? Karena mata pencaharian dan penghidupan nelayan ada di laut.

“Bersyukur. Alhamdulillah sudah melaut lagi. Kemarin-kemarin kepikiran terus. Ombak tinggi bikin tidak bisa melaut. Padahal mata pencaharian dan penghidupan kita di laut. Namanya juga nelayan,” pungkas Ihsan. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
28o
Kurs