Rabu, 25 November 2020

Pasca Ditutup, Pengunjung Pasar Kapasan Wajib Disemprot Disinfektan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pintu sisi barat, dijaga satpol PP dan Linmas serta petugas Pasar Kapasan, mewajibkan pengunjung disemprot disinfektan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Hari pertama pembukaan pasar Kapasan, pasca penutupan selama 14 hari, Sabtu (18/4/2020), mewajibkan pengunjung yang akan masuk pasar disemprot disinfektan.

Pembukaan kembali pasar Kapasan, setelah sekitar 14 hari ditutup, Sabtu (18/4/2020) ditandai dengan kewajiban mengikuti penyemprotan disinfektan bagi pengunjung yang akan memasuki pasar.

“Di semua pintu masuk pasar Kapasan ada bilik penyemprotan disinfektan. Pengunjung, dari pintu manapun akan memasuki bilik itu. Kalau tidak ya dicegat petugas, terus diperiksa suhu tubuhnya, kemudian disemprot disinfektan. Termasuk mereka yang mau parkir di dalam pasar, naik sepeda motor atau mobil tetap disemprot,” terang Pitono satu diantara Satpol PP yang berjaga di pasar Kapasan.

Dari pantauan di pintu akses parkir sisi barat pasar Kapasan, seluruh kendaraan yang masuk, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi atau mobil box, dihentikan petugas pasar Kapasan, atau Satpol PP untuk diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Kemudian disemprot disinfektan.

Akivitas di dalam pasar Kapasan, di hari pertama dibuka kembali memang terlihat agak ramai, meskipun masih belum seramai pad ahari-hari biasa sebelum dilakukan penutupan lantaran ditemukannya satu diantara orang didalam pasar yang terpapar Covid-19.

Namun demikian, tanda-tanda bakal dimulainya kembali aktivitas pasar Kapasan memang terlihat dengan deretan sepeda motor yang diparkir di luar pasar. Atau dengan mondar mandirnya orang-orang yang memanggul barang-barang keluar masuk pasar.

“Kemarin waktu diumumkan kalau ada orang di dalam pasar yang kena Corona, yaa ndredeg juga kita. Lha kita ini kan setiap hari ada di dalam pasar. Pokoknya takut mau jualan lagi, tapi kemarin kita diberi tahu boleh jualan lagi, yaa jualan. Kalau gak jualan kita makan apa?” ujar Suratinah pedagang kain pasar Kapasan lantai 2.

Satpol PP diluar pasar Kapasan, persisnya di dekat akses masuk pintu barat pasar Kapasan menggunakan sebuah mobil pickup untuk menempatkan air dan disinfektan yang diberi selang sedemikian rupa agar mudah disemprotkan pada pengunjung termasuk sepeda motor dan mobil.

Di hari pertama pembukaan pasar Kapasan setelah dilakukan penutupan selama 14 hari, pada Sabtu (18/4/2020) dibuka mulai sekitar pukul 09.00 dan ditutup kembali pada pukul 16.00.(tok)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
32o
Kurs